Dimana Cari makanan Halal di Shenzhen City untuk muslim traveller ?

Dimana Cari makanan Halal di Shenzhen City untuk muslim traveller ?

Saat travelling ke tempat baru, cari makanan bukan masalah tapi akan bermasalah ketika mengetahui bahwa untuk makanan halal sangat sulit sekali ada di tempat tersebut bagi kaum muslim karena memang negara atau daerah non muslim. Seperti saya pergi ke Shenzen. Dimana cari makanan halal di shenzen ?

Makanan halal bagi kaum muslim memang menjadi sesuatu yang penting perlu di perhatikan. Jangan sampai nanti kurang informasi dan kurang bertanya sehingga mengkonsumsi makanan yang non halal. Ini kembali ke masing-masing individu bagi umat muslim yang mengaplikasikan sesuai keyakinannya.

Perlu di akui saat di tempat wisata seperti saya ke Windows of the world, tidak ada petunjuk makanan ini halal atau tidak di lokasi food court, saya ragu memilih makanan yang di jual dan saya tipe pemilih soal makanan. Kesulitan lain adalah pelayan tidak bisa berbahasa Inggris.

Windows of the world

Pada akhirnya Saya memutuskan untuk mencari makanan di Mall terdekat. Kalau ada brand restoran yang sudah saya kenal maka saya menuju kesana. Menurut saya lebih aman bagi saya memilih makanan yang sudah jelas tersebut. Contoh ke Pizza hut di Shenzen.

Setelah saya cek lebih lanjut ternyata ada beberapa restoran makanan halal. Biasanya restoran masakan India dan turki yang menyajikan hidangan halal. Beberapa restoran halal di bawah ini :

  1. Xin Yue Muslim Restaurant, alamat No 149,Nanyuan Road, Shenzhen
  2. Jinjiang Xiyu restaurant, alamat  di Shennan Boulevard, Xiangmei Road, Futian District, Shenzhen.
  3. Zhong Fa Yuan restaurant, alamat No. 83, Jingtian Road, Futian District, Shenzhen
  4. Mesopotamia restaurant, restoran Turki, alamatnya di oom No. 7, Langjuyufeng Block, No. 1010 Wenjin Road. Luohu District, Shenzhen 518000, China.

Karena waktu berkunjung saya singkat sekali di Shenzhen jadi belum explore terlalu banyak, mungkin saja bisa tahu lebih lain kali saya ke sini atau ke kota lain di China.

Baca juga : Perjalanan backpacker ke Kairo Mesir (Lanjutan Umrah)

Pengalaman Terbang dengan pegasus ke Izmir dari Istanbul

Pengalaman Terbang dengan pegasus ke Izmir dari Istanbul

Saat saya travelling ke Turki, selain menggunakan bis untuk transportasi antar kota, Saya juga menggunakan pesawat domestik yaitu maskapai Pegasus untuk rute Izmir – Istanbul. Pegasus adalah salah satu maskapai domestik Turki. Tujuannya untuk menghemat waktu. Saya mau sharing Pengalaman Terbang dengan pegasus ke Izmir dari Istanbul.

Tiket pegasus ke Izmir

Review terbang dengan Pegasus rute Izmir – Istanbul

Pegasus adalah salah satu low cost airline lokal di Turki. Dengan rute penerbangan lokal 33 rute dan ada juga rute antar negara terdekat. Pegasus termasuk Low cost airline yang sudah cukup lama sejak 12 Jan 1990.

Jika ingin mendapatkan harga yang lebih hemat, perencanaan dari jauh hari penting. Kita bisa pesan langsung di sini.

Alternatif lain untuk membandingkan harga tiket pesawat domestik Turki bisa di website aerobilet, di sini

Karena rute Istanbul ke Izmir hanya satu jam, sejauh ini pelayanan maskapai baik, tidak ada snack atau makanan di berikan karena rute jarak pendek. Tapi seperti Maskapai Air asia, jika rute agak sedikit lebih panjang maka penumpang bisa memesan pre book meal atau memesan makanan di pesawat.

Tidak ada delay pesawat, untuk check In bisa melalui counter atau check in online seperti peraturan penerbangan pada umumnya.

Pegasus beroperasi di dua bandara Turki, dari Ataturk airport ( IST ) dan Sabiha Gokchen ( SAW ).

Bandara Izmir adalah Adnan Menderes Airport ( ADB ). Bandar ADB adalah bandara kecil, agak susah wifi saat mendarat di bandara ini. Kalau bisa untuk wifi bisa beli sim card lokal saat masih di bandara Ataturk. Jika ingin berkomunikasi dengan teman. Ada juga cafe yang menyediakan wifi di bandara ADB tapi kurang lancar koneksinya. Mungkin karena saya masih menggunakan sim card Indonesia dan untuk menggunakan wifi harus register nomor lokal.

Selain pegasus yang bisa menjadi pilihan penerbangan domestik ada Turkish Airlines, Anadolu dan onur. Saya menggunakan maskapai Anadolu untuk rute Kayseri – Istanbul. Kayseri adalah bandara dari Cappadocia.

Di penerbangan Pegasus ada free bagasi 15 Kilogram. Pegasus adalah penerbangan yang lebih murah dibandingkan maskapai lain di atas.

Baca Juga :

Cara Membuat E-Visa India tanpa dikenakan biaya

Saya ingin share pengalaman cara membuat e-visa India tanpa dikenakan biaya. Ini karena meski warga negara Indonesia bebas visa tapi setiap mau ke India harus mendaftar online melalui website dan mudah sekali di ikuti.

Untuk membuka websitenya klik disini

Kalau sudah di buka websitenya, maka harap di baca baik-baik headernya atau sub judulnya, ada beberapa sub judul yaitu :

  1. Regular Visa Application
  2. Completed Partially Filled Form
  3. Visa status Enquiry
  4. Print Registered Application
  5. e-Visa

Karena yang akan di buat adalah e-Visa maka di Klik di sudut Kanan atas. Mulailah mengisi e-Visa Form. Jangan lupa menyiapkan pas foto dalam bentuk pdf. Karena yang di minta adalah dalam bentuk pdf.

Jika sudah komplit mengisi dengan lengkap dan submit, maka akan dapat email konfirmasi sebagai berikut

email konfirmasi

Kalau sudah di setujui maka akan dapat email konfirmasi lagi seperti di bawah ini

visa approved

Saat pengisian tidak di tanyakan mengenai asuransi perjalanan, mengajukan asuransi perjalanan bisa di urus sebelum atau setelah apply E-visa.

E-visa untuk persiapan travelling ke India

Ini akan menjadi perjalanan saya mendatang pertama kali ke India, jadi mengenai bagimana imigrasi dan lain-lain di sana saya belum punya bayangan. Di tunggu saja cerita saya selanjutnya.

Itinerary saya rencana adalah mengunjungi Kashmir dan New Delhi. Waktu perjalanan saya selama tujuh hari termasuk perjalanan. Jadi aslinya hanya sekitar lima hari disana.

Karena pergi bersama dengan beberapa teman, riset dilakukan bersama-sama. Diskusi di lakukan di grup. Saya pernah pergi trip bersama rombongan ada beberapa kali. Tips Jika pergi trip bersama, Masing-masing anggota bisa mengikuti jadwal yang sudah di sepakati. Kalau bisa tidak terlambat karena hal sepele. Merendahkan ego dan saling support. Maka ada kalanya perlu aturan tidak tertulis yang dibicarakan. Contoh peraturan di beritahukan di awal bahwa pemilihan tempat dan lain-lain yang sudah di susun tidak akan ada yang komplain lagi kecuali perubahan jadwal dikarenakan situasi yang tidak terduga dan yang tidak bisa di hindari.

Baca Juga :

Alat musik Kolintang supaya menarik perhatian kaum muda

Saya menghadiri pertunjukan musik kolintang dari beberapa kelas musik di sebuah mall di Jakarta. Yang saya perhatikan pemainnya adalah para senior yang masih bersemangat untuk memainkan alat musik Kolintang tersebut. Mereka membaca partitur dari beberapa lagi yang dimainkan.

Di Jakarta ada beberapa sekolah musik dan ada juga beberapa sekolah umum yang memasukan alat musik kolintang sebagai ekstra kurikuler. Ada beberapa pertunjukan sekolah yang di mainkan oleh kaum muda untuk musik kolintang ini. Apakah minat mereka akan musik kolintang nantinya terus tumbuh ? Itu tergantung kepada orang per orang. Belajar mengenal budaya dengan memainkan alat musik tradisional diharapkan tidak hilang. Akan sangat baik jika bisa terus di tularkan kepada generasi muda berikutnya.

Musik Kolintang adalah salah satu musik tradisional dari daerah Minahasa yang cukup terkenal. Sekilas kolintang seperti yang lain juga kalau punya hal negatif maka langsung di buang

Menurut sejarahnya, Di zaman dahulu musik kolintang di gunakan untuk perayaan upacara adat untuk para leluhur.

Cara memainkan musik Kolintang dengan cara di pukul menggunakan stick khusus dan agar suaranya bagus dan menghasilkan nada yang pas maka ujung sticknya di tambahkan bantalan busa atau lap kecil. Alat musik kolintang mempunyai accord sendiri yang di pukul bersamaan.

Lagu yang diajarkan untuk kaum muda saat ini tidak hanya lagu tradisional namun juga memasukan lagu-lagu barat yang sedang populer saat ini untuk di mainkan oleh grup musik kolintang, dengan diajarkan lagu popular modern ini diharapkan bisa menarik perhatian teman muda lainnya untuk belajar kolintang.

Music show Kolintang

Pada saat ini fungsi alat musik kolintang lebih bevariasi dan ditujukkan untuk mengiringi orkesta, dimainkan untuk pengiring lagu pertunjukan musik dan pengiring tarian. Kayu yang digunakan biasanya kayu khusus dan agak ringan.

Dengan memperkenalkan musik kolintang pada generasi muda diharapkan alat musik daerah ini akan bisa berkembang apalagi bisa pentas ke luar negeri. Sehingga bisa memperkenalkan budaya Indonesia.

Nonton Film asing gratis yuk di Latin American Film Festival Jakarta

Nonton Film asing gratis yuk di Latin American Film Festival

Bagi yang suka nonton film non mainstream, minggu ini ada event Latin American Film Festival di Jakarta. Mulai dari tanggal 23 Feb – 4 Maret 2019 Kalau ada waktu Nonton Film asing gratis yuk di Latin American Film Festival.

Tempat nonton ada di tiga tempat yaitu di Perpustakaan Nasional, pada hari sabtu dan minggu. Untuk weekdays di Uptown Service Office dan Empu Sendok Arts Station.

Alamatnya :

Perpustakaan Nasional,
Jl. Medan Merdeka Sel. No.11, RT.11/RW.2, Gambir, Senen, Jakarta Pusat
Uptown Serviced Office
Plaza Mutiara 8th Floor, Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung, RT.5/RW.2, Kuningan, East Kuningan, Setiabudi, South Jakarta City, Jakarta 12950 ,

Empu Sendok Arts Station, Jl. Taman MPU Sendok No.39, RT.8/RW.4, Selong, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110

Film Festival Latin American

Negara peserta Latin American Film festival 23 February – 4 Maret 2019

Film-filmnya dari negara mexico, Cile, Colombia, Argentina dan Ecuador. Genre film yang di tayangkan juga beragam, mulai dari drama, komedi, thriller, dokumenter dan animasi. Pemutaran film asing membawa tujuan supaya bisa melihat bagaimana budaya negara lain bisa di sampaikan melalui film.

Untuk synopsis film festival di atas, bisa kunjungi websitenya disini . ini Website livelife Indonesia. Mereka tidak hanya menginformasikan nonton film asing gratis, tapi ada juga menginformasikan berbagai kegiatan kaum muda di jakarta atau di luar kota. Bisa pameran foto, pameran budaya, talk show dan pelatihan. Ada yang gratis dan berbayar. Jika suka mengisi waktu luang dengan kegiatan seni yang bermanfaat bisa join disini.

Saya pernah mengikuti beberapa kegiatan yang di informasikan Livelife Indonesia. Menurut saya kegiatannya seru karena bisa menambah wawasan.

Kedutaan besar asing dalam satu tahun juga mengadakan nonton film asing gratis untuk film lokal mereka. Yang paling sering mengadakan adalah kedutaan besar Belanda di Erasmus Huis Kuningan Jakarta. Selain film gratis juga ada pameran budaya, foto exhibiton yang bekerjasama dengan Indonesia. Pertunjukan musik yang berkolaborasi dengan pekerja seni dari Indonesia.

Baca juga : Dimana nonton film asing gratis di Jakarta ?

Cara Hemat keliling Amsterdam dengan Free walking City tour

Cara Hemat keliling Amsterdam

Waktu Saya mengunjungi Amsterdam, saya berpikir bagaimana cara hemat keliling Amsterdam ?. Saya mampir di sebuah Tourist Information center di Amsterdam. Mereka akan membantu kita jika kita datang tanpa tour guide dan punya rencana explore kota Amsterdam. Ada pilihan tour yang disarankan, ada yang berbayar maupun yang tidak. Akhirnya saya memilih yang free walking city tour.

Free tour Amsterdam diselenggarakan oleh Sandeman dengan guide lokal meliputi beberapa tempat menarik antara lain National Monument, Dam Square, Red Light District, The royal palace, Anne Frank House dan lain-lain.

Landmark Kota amsterdam

Ada Jadwal jam dan tempat meeting point yang sudah di tentukan.

Keliling Amsterdam

Perlu juga di ketahui bahwa pilihan berhemat dalam perjalanan bisa dengan melakukan riset. Akan lebih baik jika pilihan sudah ditentukan dari sebelum berangkat. Pertama, karena menghemat waktu. Kedua, menghemat biaya dan ketiga adalah hemat tenaga.

Tour guide free walking city tour Amsterdam

Sandemans adalah promotor dan operator yang menyelenggarakan city tour di beberapa kota di Eropa dengan gratis. Di Berlin, saya juga mengikuti free tour oleh Sandeman ini. Mereka punya beberapa tour guide profesional. Durasi berkeliling kota kurang lebih 2 – 3 Jam.

Tour guide tersebut bekerja secara free lance, para turis boleh memberikan uang tip kepada mereka dan jumlahnya tidak ditentukan. Jika menurut para turis bahwa tour guide ini bagus pelayanannya, maka bisa saja diberikan tip yang semestinya. Begitu juga jika merasa kurang, tidak perlu memberikan tip karena memang free city tour, jadi nothing to loose.

Amsterdam adalah kota yang terkenal dengan banyak kanal, akan sangat menarik tour dengan berjalan kaki santai. Ada juga pilihan tour yang menggunakan sepeda keliling Amsterdam, Cycling tour.

Penyelenggara tour menawarkan rute menarik seperti Anne Frank House, Noodermarkt, Lindengracht, Johnny Jordaanplein, Westerkerk, melewati Kanal Ring dan old city centre. Nanti akan diajak mampir juga ke kafe Amsterdam.

Demikian semoga membantu untuk yang punya rencana pergi ke Belanda. Jika ingin memberi saran dan kritik membangun untuk tulisan ini demi kemajuan penulisan saya di masa yang akan datang atau mau tanya mengenai artikel boleh langsung menghubungi saya.

Cara Paling nyaman untuk keliling Kota Amsterdam

Cara Paling nyaman untuk keliling Kota Amsterdam

Jika kamu pernah ke Amsterdam, pasti pernah merasakan city tour Amsterdam. Entah dengan rute sendiri atau yang dipandu tour guide. Amsterdam adalah ibu kota kerajaan Belanda dengan Luas 219,3 Km persegi. Melakukan city tour Amsterdam bisa dengan berbagai cara, berkeliling dengan sepeda, berjalan kaki atau naik kendaraan umum. Saya mau memilih cara paling nyaman untuk keliling Amsterdam. Kamu pilih yang mana atau pernah yang mana ?

Berkeliling Amsterdam dengan berjalan kaki

Saya dan teman memilih menelusuri kota Amsterdam dengan berjalan kaki. Jika kaki lelah kami duduk – duduk untuk membeli minum dan snack. Tidak perlu seharian untuk berkeliling Amsterdam dan yang lebih enak lagi karena cuaca tidak sepanas Jakarta saat musim panas jadi bisa jalan santai. Selain itu ada pilihan untuk free walking city tour yang di pandu oleh tour guide free lance yang ramah. Kita tinggal mengikuti dimana meeting pointnya dan jam berapa. Bisa cek di websitenya juga

Berkeliling Amsterdam dengan sepeda

Keliling Amsterdam dengan menyewa sepeda menjadi tambah menyenangkan. Ada banyak tempat penyewaan sepeda di Amsterdam. Untuk memarkir sepeda di luar tidak perlu khawatir karena cukup aman. Mereka juga punya jalur khusus sepeda. Jadi Amsterdam adalah kota yang ramah untuk pengguna sepeda.

Tempat parkir sepeda bisa bertingkat seperti saya lihat di stasiun kereta. Itu artinya lumayan banyak yang menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat tujuannya. Di dalam kereta di beberapa kota di Eropa ada tempat khusus untuk menaruh sepeda penumpang juga.

saat berkeliling Amsterdam

Di Belanda meskipun musim panas, jaket tipis untuk berpergian ke luar rumah masih diperlukan karena cuaca panas berangin. Menurut kami yang paling nyaman adalah berjalan kaki untuk keliling Amsterdam. Kami bisa lihat musisi jalanan beraksi, menelusuri kanal dan duduk di taman kota atau keluar masuk toko – toko souvenirs di pinggir jalan.

Di Amsterdam juga ada restoran Indonesia namanya restoran Indrapura

Restoran Indonesia di Amsterdam

Jika ingin berjalan kaki, jangan lupa cek alas kaki atau sepatu untuk kenyamanan, bawa botol air minum, snack jika ada.

Jadi kesimpulannya untuk memilih transportasi city tour Amsterdam yang paling nyaman dengan bersepeda atau hanya berjalan kaki. Tentukan juga tempat mana saja yang akan di kunjungi, berapa lama waktu yang ingin digunakan di Amsterdam

Solusi mudah keliling Turki dengan cara yang efektif

Solusi mudah keliling Turki dengan cara yang efektif

Pernah dengar tentang Miniaturk ? Turki punya miniaturk sebagai salah satu destinasi turis di Istanbul. Miniaturk adalah taman miniatur kota Turki. Jika punya waktu yang singkat di Istanbul, maka Solusi mudah keliling Turki dengan cara yang efektif adalah mengunjungi Miniaturk.

Bila di Jakarta ada Taman Mini Indonesia Indah maka di Istanbul ada miniaturk. Miniaturk adalah tempat wisata segala usia tapi untuk kaum lansia dan anak-anak balita disarankan membawa tongkat atau kereta dorong supaya tidak capek. Karena Luas miniaturk 15,000 m2. Waktu yang di butuhkan untuk berkeliling kira-kira sekitar dua hingga tiga jam saja.

Tentang Miniaturk

Miniaturk di buka pertama kali di bulan May tahun 2003, harga tiket masuknya hanya 10 TL, Jam buka mulai dari Jam 9 pagi – 7 Malam. Jika mau kesana dengan kendaraan umum, aksesnya mudah sekali. Ada kendaraan umum yang lewat miniaturk.

Miniaturk adalah salah satu destinasi wisata di Istanbul selain dari Hagia Sophia, Topkapi museum, Galata tower, Grand Bazaar, masjid Sulaeman dan lain-lain.

Mini Blue Mosque
Miniaturk

Alamat dan cara menuju ke miniaturk

Alamat Miniaturk adalah di Ornektepe Mahallesi Imrahor
Cd. 7/1, 34445 Beyoğlu/İstanbul, Turkey

Cara menuju ke sana dengan menggunakan bis dari Shelter Eminonue. Itu shelter yang terdekat.

Ada objek wisata yang dekat dengan miniaturk, antara lain :

  • Istanbul Dolphinarium
  • Masjid Eyup Sultan
  • Santral Istanbul Energy Museum

Tapi akan sangat baik jika melihat Blue mosque, Topkapi palace dan Hagia sophia yang asli ketika sudah sampai disana. Dengan berkeliling melihat arsitektur kota, transportasi, budaya rasanya membawa suasana berbeda.

Transportasi umum di kota Istanbul nyaman di gunakan. Jika ingin berpindah kota dari Istanbul ke kota lain bisa menggunakan bus umum. Contoh dari Istanbul ke Ankara, saya menggunakan salah satu perusahaan bus disana yang bisa jadi rekomendasi yaitu Kamil Koc.

Beberapa hari saja di Turki terasa tidak cukup. Ada banyak tempat menarik di mana – mana. Mengetahui sejarah islam disini menyenangkan, selain explore kuliner, segala hal khas dari Turki dan masyarakat lokalnya.

Semoga saya bisa punya kesempatan lagi kembali ke Turki suatu hari. Saya harap tulisan saya membantu para traveler yang hendak kesana.

Dilema kenaikan Tiket pesawat domestik dan biaya Bagasi

Dilema kenaikan Tiket pesawat domestik dan biaya Bagasi

Bagi masyarakat yang hendak pergi keluar pulau untuk bekerja, berwisata atau mengunjungi sanak keluarga, transportasi yang paling efektif saat ini adalah dengan pesawat terbang. Akan tetapi saat ini diberitakan adanya kenaikan harga tiket pesawat dan biaya bagasi yang dibebankan ke penumpang. ini menjadi Dilema kenaikan Tiket pesawat domestik dan biaya Bagasi

Awal Januari 2019, Pihak maskapai akhirnya menanggapi keluhan masyarakat untuk menurunkan harga tiket pesawat domestik secara bertahap.

Penurunan harga tiket bertahap ini dirasakan di masyarakat luar pulau Jawa yang tiketnya menunggu giliran turun. Di Pekanbaru banyak calon penumpang yang membatalkan penerbangannya. Namun mungkin ada sebagian yang tetap membeli tiket meskipun mahal untuk perjalanan bisnis. Ini yang dinamakan dilema.

Aturan biaya bagasi 

Untuk aturan pengenaan biaya bagasi, contoh maskapai wings dan Lion yang memberlakukan biaya bagasi yang berlaku di awal tahun 2019. Menurut maskapai itu membantu meminimalisir biaya tambahan yang tinggi bagi para penumpang untuk kelebihan biaya bagasi. Kebijakan pemberlakuan tarif ini dianggap tidak menyalahi aturan karena dikembalikan kepada kebijakan masing-masing maskapai.

Antisipasi supaya tidak membawa barang berlebih saat penerbangan maka harus cermat bawa barang yang diperlukan. Tapi memang setiap individu berbeda kebutuhannya. Kalau memang harus banyak membawa barang dan kelebihan pastikan mengetahui konsekuensinya karena sekarang ada tarif biaya bagasi.

Kalau punya alat timbangan juga bisa juga untuk mengukur sendiri. Sekarang banyak cara untuk mengecek koper sendiri. Apakah cara ini efektif atau menjadi beban lain bagi penumpang untuk biaya yang bertambah ?

Ini baru bisa di nilai setelah tarif diberlakukan. Kemudian lihat yang terjadi di lapangan respon dari penumpang dan menurut saya perlu di review baik buruknya. Apakah perlu di tinjau kembali atau tidak.

Menurut saya penghapusan free bagasi tidak efektif dan bisa menimbulkan antrian karena bisa lebih lama, apakah system check in juga ikut diperbaharui untuk mengantisipasi ini ? Jangan sampai ada hal yang ternyata tidak berjalan baik.

lalu lintas Bagasi

Pantai Indah di Indonesia yang rekomen di kunjungi

Tinggal di Indonesia dengan di kelilingi banyak pulau dan pantai membuat kita sangat beruntung. Pantai indah di Indonesia yang rekomen di kunjungi tidak kalah dengan kepunyaan negara lain. Jika punya waktu lebih saja untuk explore nusantara, pasti saya akan punya pengalaman yang kaya tentang Indonesia.

Saya pernah pergi ke beberapa pantai Indah di Indonesia. Di bawah ini dan saya rasa masih banyak yang belum saya jangkau karena keterbatasan liburan dan hal lain.

Pantai Indah di wilayah Indonesia :

  1. Pink Beach, Lombok
  2. Pantai senggigi, Lombok
  3. Pantai pasir Merica, Lombok
  4. Penyabong Beach, Belitung
  5. Tanjung kelayang Beach, Belitung
  6. Tanjung tinggi beach, Belitung
  7. Batu berlayar, Belitung
  8. Sulamadaha, Ternate
  9. Jikomalamo, Ternate
  10. Kuta beach, Bali
  11. Sanur Beach, Bali

Saya menyukai pantai dan banyak sekali dan cita- cita saya pergi ke Indonesia Timur untuk melihat lebih banyak pantai yang lebih Indah.

Pantai sulamadaha

Salah pantai di atas yang sudah saya kunjungi adalah Pantai Sulamadaha.

Menjaga Kebersihan Pantai Indah di Indonesia

Saya berharap supaya infrastruktur untuk pariwisata di daerah kepulauan Maluku dan pulau-pulau di sekitarnya bisa di bangun dan fasilitasnya bisa lebih bagus untuk daya tarik bagi turis asing dan lokal. Ini supaya bisa lebih mengenal lebih dekat dengan pantai jernih yang Indonesia punya.

Pantai di daerah Belitung juga bagus-bagus namun ada juga pantai Tanjung tinggi yang untuk film laskar pelangi yang agak kotor di sekeliling pantai. Diharapkan kita semua bisa menjaga pantai tetap bersih dan tetap tertib tidak membuang sampah sembarang tempat. Perlu adanya kerjasama pemerintah daerah, para penduduk dan pengunjung untuk menjaga pantai sebagai tempat yang Indah untuk refreshing.

Di Lombok, di kenal Pantai Pink yang masih sepi. Enak sekali datang ke pantai yang tidak banyak pengunjung jadi seperti private beach. Untuk bisa sampai ke Pantai Pink, kita menuju tanjung ringgit dahulu.

Pantai pasir merica juga pantai yang sepi dan Indah di Lombok, belum terlalu turistik karena Pantai di Bali lebih dulu di kenal.

Baca juga : Menikmati Indahnya Pantai Penyabong Belitung yang masih asli