Perlukah Legalisir Buku Nikah jika pasangan sesama WNI ?

Beberapa orang ada yang bertanya tentang legalisir buku nikah. Mereka menikah dengan sesama WNI. Kita harus tahu dahulu fungsi legalisir pada buku nikah. Perlukah Legalisir Buku Nikah jika pasangan sesama WNI ?

Perlukah Legalisir Buku Nikah ?

Saya membantu mengurus legalisir hanya untuk yang menikah dengan Warga negara asing ke 3 kementrian. Kalau menikah dengan sesama Warga Negara Indonesia akan lebih mudah. Ada beberapa alasan jika pasangan WNI perlu melegalisir buku nikahnya sampai ke 3 kementrian, yuk simak.

Jika menikah dengan sesama WNI maka buku nikah bisa di legalisir di Kantor KUA saat menikah dahulu. KUA kecamatan tempat domisili jadi tidak perlu ke Kemenag. Syaratnya membawa buku nikah asli. Tidak dikenakan biaya.

Baca juga : Pengalaman Legalisir Buku Nikah ke 3 Kementrian di Jakarta

Saat ini ada Aplikasi Sistem Informasi Nikah berbasis online atau SIMKAH berbasis Website. Namun jika buku nikah terbit sebelum sistem ini ada berarti untuk legalisir harus kembali ke KUA terdahulu.

Legalisir buku nikah di KUA biasanya untuk :

  1. Membuat akta kelahiran anak
  2. Mengurus BPJS
  3. Memasukan tunjangan anak bagi PNS / TNI Polri
  4. Mengurus visa

Untuk kemudahan proses legalisasi maka kita harus menyiapkan

  1. Buku nikah asli
  2. Copy buku nikah rangkap tiga.

Khusus untuk yang mengurus visa

  1. Untuk ikut pasangan tinggal di luar negeri karena tugas / study
  2. Menikah dengan WNA

Jika untuk pembuatan visa maka harus di lanjutkan legalisir buku nikah ke 3 kementrian ( Depag, Kemenhukam, Kemenlu ). Yang sudah di legalisir di KUA perlu di bawa termasuk foto copynya

Proses legalisir ke KUA :

  1. Datang ke KUA dan mengatakan tujuan legalisir ke Petugas yang ada di kantor KUA
  2. Serahkan buku nikah dan copy buku nikah ke resepsionis
  3. Akan di cek oleh petugas nomor seri buku nikah dengan buku induk pencatatan pernikahan
  4. Jika cocok maka akan di bubuhkan stempel KUA dan tanda tangan pejabat yang berwenang. Fotocopy juga di stempel dan tanda tangan

Pengalaman Legalisir Buku Nikah ke 3 Kementrian di Jakarta

Mengurus legalisir ke 3 kementrian gak cukup dalam waktu sehari. Karena setiap kementrian punya jadwal tersendiri. Pengalaman Legalisir Buku Nikah ke 3 Kementrian di Jakarta.

Pengalaman Legalisir Buku Nikah

Legalisir ke Kemenag dalam masa New Normal ini tidak bisa tiap hari seperti biasa. Ada perubahan jam legalisir ke Kemenag dalam seminggu. Hanya bisa 3 hari saja. Pertama saya pergi ke Kemenag di Jl MH Thamrin sebelahnya Bank Indonesia dengan membawa dokumen yang diperlukan. Tinggal isi buku tamu di resepsionis dan menyerahkan dokumen.

Kita hanya menunggu saja, petugas akan mengantarkan dokumen ke lantai atas. Sebelum pandemi, Kita sendiri yang harus ke lantai atas. Disarankan datang pagi jam 9 sehingga bisa cepat selesai.

Kalau urusan sudah selesai di Kemenag, apakah bisa langsung ke Kemenhukam di hari yang sama ?. Belum. Karena kita harus mendaftar dulu melalui aplikasi online Kemenhukam. Yang di lampirkan dokumen legalisir dari kemenag dan mengisi nama pejabat kemenag. Jika sudah di daftarkan, kita harus menunggu balasan dari Kemenhukam.

Kemenhukam akan memberikan nomor voucher pembayaran. Biaya yang harus dibayar ke Bank. Jika sudah bayar maka kita bisa datang ke kantor Kemenhukam. Pembayara bisa dilakukan di hari yang sama saat kedatangan ke kantor.

Kalau di Kemenlu. Kita harus menyetor biaya legalisasi satu hari sebelum kedatangan di kantor Kemenlu. Pas hari H, kita hanya menyerahkan dokumen yang akan di legalisir. Jam 09.00 – 12.00 penyerahan dokumen legalisir. Jam 13.00 – selesai, pengambilan buku nikah yang sudah di legalisir.

Berarti lama pengerjaan untuk legalisir sekitar dua minggu. Kemenhukam mengirim stiker legalisir melalui pos. Maksimal sampai 3 hari baru sampai ke alamat. Sebelum ke Kemenlu, kita harus terima stiker itu dahulu. Urutannya untuk lampiran bukti stiker Kemenhukam. Gunanya untuk pendaftaran aplikasi Kemenlu

Perlukah Legalisir untuk yang menikah hanya dengan WNI ?

Buat yang tinggal di luar kota, perlu menyediakan waktu untuk ke Jakarta. Waktunya sekitar 2 minggu atau menggunakan jasa legalisir.

Legalisir di 3 kementrian menjadi Harus jika untuk keperluan di bawah ini :

  1. Jika pasangan WNA
  2. Jika hendak membuat visa ikut pasangan yang bertugas di Luar negeri. Pasangan WNI/WNA.
  3. Jika ikut pasangan yang sedang studi di Luar negeri.

Sedangkan untuk yang menikah dengan sesama WNI maka legalisir buku nikah bisa hanya di legalisir di KUA dimana dahulu melangsungkan pernikahan atau KUA kecamatan.

Sebagian Layanan Visa Eropa yang di Buka di Jakarta

Di masa transisi PSBB saat ini, bagian visa Eropa belum membuka semua jenis visa terutama turis. Sebagian Layanan Visa Eropa yang di Buka di Jakarta.

Sebagian Layanan Visa Eropa yang di Buka

Dibawah ini daftar negara Eropa yang membuka layanan visa untuk jenis visa tertentu. Layanan visa di VFS Global Kuningan jakarta. Pada intinya negara Eropa masih kompak belum membuka Visa kunjungan turis ke negaranya.

Kroasia——–> Anggota keluarga Warga Negara Kroasia, Orang dengan izin tinggal yang di setujui, Orang dengan ijin tinggal sementara yang disetujui. Orang yang mempunyai ijin yang disetujui, Petugas kesehatan, Ilmuwan kedokteran, Diplomat. Petugas kepolisian dengan tugas resmi, Wisatawan yang transit dengan menunjukan tiket tujuan akhir termasuk pelaut yang transit.

Baca juga : Busway T11 Jurusan Poris Plawad Belum Beroperasi di New Normal

Denmark ——> mulai menerima aplikasi dengan janji temu hanya untuk Kategori Visa Jangka Panjang saja yaitu : Penyatuan keluarga, ijin kerja, ijin belajar dan Au Pair.

Jerman ——-> mulai menerima aplikasi dengan janji temu hanya untuk Visa transit Pelaut (Kategori Type C) dari 1 July, 2020 dan Visa Nasional Pelaut (Type D) dari 24 Juli 2020.

Iceland——-> ketentuan bisa di lihat di negara Denmark.

Italia———-> sejak 29 Juni 2020 mulai menerima aplikasi dengan janji temu hanya untuk kategori visa pelaut, anggota keluarga Italia, Masuk Kembali dan Belajar.

Norwegia ——> sejak 29 Juni 2020 mulai menerima aplikasi dengan janji temu hanya untuk Kategori Visa Jangka Panjang saja. Yaitu : Penyatuan keluarga, ijin kerja, ijin belajar dan Au Pair.

Swedia——->Sekarang ini menerima aplikasi jangka panjang dan kasus luar biasa. Namun saat ini larangan masuk diperpanjang hingga 31 Agustus 2020

Swiss ———-> Pada 3 Agustus 2020, membuka aplikasi kategori Visa C untuk Pasangan Belum Menikah, Pasangan / Pasangan Terdaftar mulai 19 Agustus 2020 di VFS Global untuk Swiss di Jakarta.

Belanda ——> hanya untuk kategori masa tinggal lama terbatas dan aplikasi kasus luar biasa.

Yang di luar list negara di atas belum buka sama sekali untuk pengecualian visa tertentu Eropa

Busway T11 Jurusan Poris Plawad Belum Beroperasi di New Normal

Selama masa new normal belum semua busway beroperasi. Contohnya Jurusan ke arah Tangerang. Busway T11 Jurusan Poris Plawad Belum Beroperasi di New Normal

Busway T11 Jurusan Poris Plawad Belum Beroperasi

Jurusan T11 dan T12, jurusan bundaran senayan – Poris plawad dan juanda- Poris masih belum beroperasi. Buat yang mau ke tangerang harus ambil jalan alternatif lain.

Alternatif bisa menggunakan commuter line atau jika dari arah pondok cabe, bisa naik angkot pamulang terus sambung ke muncul. Dari situ naik satu kali angkutan sedang ke Tangerang.

Saya pernah naik angkot dari muncul, saat itu memang macet karena melewati pasar di akhir pekan

Kalau stasiun, maka akhirnya sampai stasiun tangerang. Di masa new normal, agak sedikit riskan untuk berpergian jauh dari rumah.

Masih ada jumlah pasien yang awalnya tanpa gejala covid19.. Harus berhati-hati terutama menggunakan kereta. Di stasiun bisa berdesak-desakan.

Baca juga : Kontak Telepon Bus Bandara di Cinere Bellevue Mall Depok ( Update )

Bebrapa rute busway yang belum berjalan contohnya Busway rute Ciputat – Tosari, Lebak bulus – senen.

Untuk informasi lebih jelas bisa ikuti twitter transportasi Jakarta.

Rute bus T11 dan T12 sudah pernah di bahasa di artikel sebelumnya. Sejak tanggal 1 juli 2020, trans jakarta membuka koridor dan non koridor nya secara bertahap hingga penambahan 26 rute pada masa transisi PSBB.

Hal ini juga di ikuti dengan mengedepankan protokol kesehatan seperti penyemprotan desinfektan dan tidak lagi menggunakan mesin EDC untuk swipe kartu tapi menggunakan mesin tap di angkutan terintegrasi, peniadaan top up kartu elektronik dan transaksi tunai, pengukuran suhu tubuh yang ingin masuk area halte busway, pembatasan kapasitas penummpang menjadi 50 %, penutupan sementara bagi pelanggan yang hendak masuk dari luar halte busway jika kapasitas sudah penuh, pemberian marka atau tanda khusus di halte maupun di dalam bus untuk tempat duduk.

Ini dimaksudkan untuk memperkecil penyebaran virus covid19. Kalau saya lihat setiap yang masuk busway juga harus menggunakan masker, tidak boleh di lepas atau di buka.

Kontak Telepon Bus Bandara di Cinere Bellevue Mall Depok ( Update )

Saat ini bus bandara di Cinere Bellevue Mall Depok sudah beroperasi dalam masa new normal. Untuk mengetahui jadwal bus bisa menghubungi kontak teleponnya. Kontak Telepon Bus Bandara di Cinere Bellevue Mall Depok ( Update )

Kontak Telepon Bus Bandara di Cinere Bellevue Mall

Untuk mengetahui jadwal bus yang terbaru mengikuti new normal dan berapa tarifnya saat ini, di sarankan untuk menghubungi telp Whatsapp di bawah ini :

No WA Bus Bandara Cinere 0821 – 13000798

Baca juga : Jadwal Jam Operasional MRT di Masa Transisi New Normal

Untuk tarif bus, bisa langsung dibeli di atas bus atau bisa tanyakan langsung ke nomor contact diatas.

Saat new normal seperti sekarang, jadwal keberangkatan pesawat masih belum kembali seperti dulu. Masih belum semua rute terutama internasional. Namun untuk penumpang domestik sudah bisa bernapas lega dengan adanya beberapa rute terbang dibuka kembali.

Untuk rute internasional, di batasi dan harus membawa rapid test/ PCR test ke negara tujuan. Yang saat ini boleh terbang ke luar negeri adalah yang sudah overstay, yang pasangannya adalah Warga Negara Asing, punya permanent residence, paspor diplomatik dan beberapa ketentuan lain.

Yang bisa masuk ke Indonesia juga di batasi, antara lain yang mempunyai KITAS / KITAP dan beberapa peraturan lain.

Ada beberapa peraturan saat masuk bandara dan hendak terbang rute domestik tertentu dalam masa new normal antara lain:

  1. Harus datang 4 jam lebih awal
  2. Menunjukan identitas diri seperti KTP
  3. Mematuhi aturan jaga jarak di bandara
  4. Gunakan masker saat di bandara dan hendak naik pesawat
  5. Jaga kebersihan selama penerbangan
  6. Mematuhi instruksi kru kabin

Syarat dokumen

  1. Wajib mengisi form yang di sediakan petugas di bandara
  2. Memiliki sertifikat atau surat pengantar dari RT tempat calon penumpang tinggal
  3. Membuat surat pernyataan isolasi mandiri
  4. Harus melapor ke RT jika tiba ke tempat tujuan ( untuk penerbangan domestik )

Peraturan baru memang harus dipatuhi demi kepentingan dan kesehatan bersama, untuk mengurangi penyebarang virus covid19

Harus ekstra kesabaran untuk mengikuti protokol kesehatan yang sudah di buat standarnya

Syarat Mengurus Fiance Visa United Kingdom di Jakarta

Kategori pengajuan visa pasangan di Inggris ada tiga tipe. Yang akan di bahas disini bagaimana jika ingin menikah di sana. Syarat Mengurus Fiance Visa United Kingdom di Jakarta.

Syarat Mengurus Fiance Visa

  1. Paspor asli
  2. Copy paspor halaman depan dan lembar paspor yang ada stamp visa di perjalanan sebelumnya ( sertakan copy paspor lama jika ada )
  3. Foto copy BRP ( Biometric Residence Permit ) jika ada
  4. Riwayat pengajuan visa sebelumnya jika pernah dibuat ( baik yang di tolak / setujui )
  5. SKCK
  6. Nomor asuransi, jika ada
  7. Kartu Keluarga yang mencantumkan data orang tua
  8. Tes TBC
  9. Tes Kemampuan berbahasa Inggris ( IELTS )
  10. Bukti pekerjaan sponsor ( Pasangan ) di UK. Misal : slip gaji 6 bulan terakhir, Rekening koran untuk menerima gaji 6 bulan terakhir, Status Karyawan ( permanen /kontrak ), surat kontrak kerja, Surat keterangan kerja yang mencantumkan jabatan, tgl mulai bekerja, jam kerja per minggu, gaji perbulan
  11. Jika wiraswasta, yang harus di hitung sebagai pendapatan adalah rekening koran selama 6 bulan terakhir sekitar diatas £16,000, asset yang di miliki ( contoh tanah, rumah, kendaraan )
  12. Surat pernyataan tertulis dari masing-masing pihak tentang hubungan yang di jalin berdua ( detil tentang hubungan berdua, tanggal bertemu, Dimana bertemu, kapan bertemu, detail bagaimana proseses hubungan berjalan selama ini )
  13. Bukti kuat dalam menjalin hubungan ( detil foto, bukti transfer jika ada, stamp di paspor jika pernah berkunjung, emails, bukti chat, booking hotel, boarding pass jika masih ada )
  14. Surat pernyataan pendukung perwakilan keluarga dan teman tentang hubungan kalian berdua benar adanya ( sertakan copy paspor yang menulis pernyataan )
  15. Rencana menikah dalam 6 bulan ke depan sejak sampai di Inggris ( bukti undangan jika sudah ada, rencana tempat menikah, setelan untuk pernikahan )
  16. Surat keterangan single atau sudah bercerai

Baca juga : Jadwal Jam Operasional MRT di Masa Transisi New Normal

Ketentuan Dokumen Pendukung

Note dokumen diatas yang bukan berbahasa inggris perlu di terjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan penerjemah tersumpah

Visa ini bisa di perpanjang atau dilanjutkan buat permohonan lagi di UK bagi pemegang paspor WNI untuk tinggal setelah menikah.

Fiance visa hanya berlaku untuk 6 bulan dan bisa di perpanjang saat visa mau habis masa berlakunya.

Untuk Marriage visit visa, tidak bisa di perpanjang. Ini karena hanya berlaku 6 bulan dan harus keluar UK dahulu dan mengajukan permohonan spouse visa

Jadwal Jam Operasional MRT di Masa Transisi New Normal

Transportasi umum di Jakarta sudah mulai melonggarkan jam operasionalnya termasuk MRT sejak masa transisi new normal. Jadwal Jam Operasional MRT di Masa Transisi New Normal.

Pada awal masa pandemi, MRT dibatasi. Pembatasan jumlah penumpang, jam operasional dan armadanya.

Setelah memasuki masa transisi, di awal Agustus mulai ada perubahan jam operasional dan penumpang yang naik dibatasi hanya 50 % saja setiap kali MRT berangkat.

Jadwal Jam Operasional MRT di Masa Transisi

Jadwal weekday : Keberangkatan Kereta terakhir dari MRT Lebak bulus – Bundaran HI hingga jam 21.12

Weekend : Keberangkatan dari MRT Lebak bulus – Bundaran HI hingga jam 19:03

Memang Jam operasi belum sepenuhnya normal. Setiap hari pengguna MRT juga berkurang sejak pandemi

Baca ini : Glad Bus Beroperasi Kembali Mengikuti Protokol Covid19

Untuk pengguna MRT, bisa menggunakan kartu debet untuk pembayarannya. dua kali di tap. kembalinya harus perhatikan koridor busway.

Dengan adanya MRT yang mulai beroperasi lagi setelah pandemi, memudahkan masyarakat yang akan beraktifitas. Selain itu bapak kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Saat weekdays MRT buka kembali namun pembatasan physical distancing tetap diberlakukan.

Adanya transportasi MRT, memudahkan masyarakat untuk beraktivitas meskipun saat ini ini sedang ada pandemi

Di Jakarta, transportasi publik contohnya MRT, Busway, ojek online, Taxi, naik kereta turun di sudimara di Jakarta

Glad Bus Beroperasi Kembali Mengikuti Protokol Covid19

Glad Bus atau bus berbasis aplikasi online sudah mulai menjalankan kembali armadanya sejak 11 May 2020 setelah mulai masa transisi PSBB. Glad Bus Beroperasi Kembali Mengikuti Protokol Covid19.

Ada penyesuaian dalam mengikuti protokol kesehatan covid19. Jumlah penumpang di batasi, kapasitas 26 kursi menjadi 13 kursi. di bulan May dan Juni sempat ada pembatasan jam operasi pada rute tertentu. Misal Cendana Residence – MRT Lebak bulus.

Nomor telp yang bisa anda hubungi 021- 2274024 dan HP 0816 6283028 ( hubungi ke nomor ini saja ya, jangan di lambang whatsapp di website )

Glad Bus Beroperasi Kembali dan Rute baru

Rute baru Graha Raya – MRT Fatmawati. Pukul 06.15 – 09.00 dan 17.00 – 21.00. Operasional hari Senin – Jumat. Pukul 06.00 – 09.00 dan Pukul 16.00 – 21.00.

Jadwal keberangkatan pukul 06.00 – 08.00 dari Cendana dan Graha

Glad Bus sekarang melintasi Fortune Graha Raya Regency. Note. Untuk info lebih lanjut mengenai perubahan rute dan lain sebagainya terkait Glad bus, bisa di cari di Twitter Glad Bus ya.

Sejak 27 Juli 2020, rute Graha Raya Bintaro – MRT Fatmawati dan MRT Lebak bulus, dikenakan tarif normal Rp 25,000.

Pemesanan Glad Bus, dengan hanya membuka aplikasi satu hari sebelumnya atau di hari yang sama dan kemudian tentukan rute tujuan. Glad bus akan menghampiri. Bukan melambaikan sebelum mengisi aplikasi online ya.

Baca juga : Bagaimana Mengajukan Family Visa Bangladesh untuk WNI ?

Penting mengerti tentang protokol kesehatan covid19 saat ini. Budayakan mengantri saat masuk transportasi umum jika memang jumlah penumpang di batasi. Menggunakan masker, membawa hand sanitizer dan sering mencuci tangan.

Tetap kita berada di tempat umum, jadi tangan bisa memegang tempat yang mungkin kurang steri. Waspada terhadap kesehatan diri untuk melindungi dari virus covid19. Virus tersebut nyata adanya dan membahayakan jika ketahanan tubuh lemah. Selalu mengkonsumsi vitamin

Transportasi umum sudah mulai dibuka meskipun belum semua. Peningkatan penderita covid19 di Jakarta masih tinggi. Sehingga perlu mengikuti protokol kesehatan jika hendak keluar rumah.

Bagaimana Mengajukan Family Visa Bangladesh untuk WNI ?

Jika sudah menikah dengan warga negara Bangladesh dan ingin menetap atau berkunjung ke Bangladesh, pilihlah visa yang sesuai. Bagaimana Mengajukan Family Visa Bangladesh untuk WNI ?

Bagaimana Mengajukan Family Visa Bangladesh

Untuk pengajuan Visa family berikut adalah syaratnya :

  1. Paspor asli yang masih berlaku minimal 6 bulan
  2. Mengisi aplikasi visa online disini
  3. Pas foto berwarna ( 45 mm x 35 mm )
  4. Surat sponsor/ Undangan dari suami / istri Bangladesh
  5. Bukti booking tiket pesawat pp
  6. Rekening koran atau copy buku tabungan minimal dana 20 Juta
  7. Buku nikah
  8. Copy KTP, KK, paspor dan KITAS ( jika orang asing )
  9. SKCK
  10. Hasil Rapid Test

Baca juga : Mengurus Visa Ikut Pasangan Oman. Gimana syaratnya ?

Untuk masa berlaku visa, bisa di ajukan yang setahun. Sebaiknya jika ingin menetap bisa di tanyakan ke bagian imigrasi di Bangladesh mengenai perpanjangan ijin tinggal saat visa sudah mau habis.

Kedutaan akan membuka visa ketika jadwal penerbangan ke negara tersebut sudah dibuka.

Selama masa PSBB transisi karena covid19, kita harus menambahkan Rapid test sebelum berangkat ke negara lain. Tujuannya jika kitapun harus menjalani karantina di negara tujuan menjadi karantina mandiri di tempat kita tuju dan tidak perlu di isolasi di tempat yang mungkin di sediakan pemerintah setempat

Jadwal penerbangan saat ini memang belum sepenuhnya berjalan normal. Sering kita dengar ada pembatalan penerbangan internasional. Jadi harus pastikan mengenai jadwal penerbangan yang fix ke maskapai.

Wabah Covid19, memang sangat merubah segala aspek kehidupan. Wabah ini bersifat global. Pariwisata adalah salah satu yang terkena imbasnya karena kita semua khawatir dengan penyebaran virus.

Kebiasaan baru akibat wabah, kita harus menggunakan masker di ruang publik, mencuci tangan dan jaga jarak sekitar 1 meter

Hubungan bilateral antara Indonesian dengan Bangladesh adalah hubungan yang terjaga. Indonesia adalah negara pertama yang memberikan pengakuan resmi terhadap kemerdekaan Bangladesh.

Bangladesh mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan stabil beberapa tahun untuk gelombang pengangguran dengan biaya subsidi pemerintah.

Untuk kunjungan family visa bisa di perpanjang, bisa kembali mengajukan ke kedubes Indonesia atau bisa tanya informasi ke imigrasi Bangladesh

Mengurus Visa Ikut Pasangan Oman. Gimana syaratnya ?

Menikah dengan pasangan beda bangsa dan harus ikut suami ke negaranya adalah sesuatu yang tidak asing lagi. Contohnya visa ikut pasangan Warga Negara Oman. Mengurus Visa Ikut Pasangan Oman. Gimana syaratnya ?

Mengurus Visa Ikut Pasangan Oman

Ada beberapa tipe visa di negara Oman. Namun jika kebetulan jodohnya adalah warga negara Oman dan harus pindah ke sana, hal yang harus di pelajari adalah syarat dan ketentuan dokumen dalam mengurus kepindahan ikut suami.

  1. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan dan copy nya
  2. Pasfoto
  3. Copy ID Card warga negara Oman
  4. Sertifikat kementrian dalam negeri Oman untuk status pernikahan
  5. Sertifikat surat sehat yang sudah di sahkan oleh kementrian kesehatan Oman
  6. Tidak sedang memiliki dua visa Oman secara bersamaan

Harga visanya sekitar 20 OMR. Visa harus segera digunakan dalam waktu 3 bulan setelah persetujuan. Perpanjangan setiap 2 tahun sekali.

Jika terlambat perpanjang atau tidak mendaftarkan perpanjangan untuk ijin tinggal maka akan di kenakan denda 20 OMR per bulan.

Baca juga : Rute Ciputat Tosari Belum Kembali Beroperasi di New Normal

Pemohon adalah adalah pasangan dari Warga negara Oman. Sponsor haruslah sponsor yang disetujui Oman sponsor.

Saat ini Oman menjadi salah satu destinasi yang mulai banyak di kunjungi turis. Biasanya hanyalah untuk transit dengan waktu tunggu yang singkat.

Oman adalah negara kesultanan yang memiliki istana untuk para sultannya.

Banyak destinasi menarik di Oman. Cuacanya mirip dengan Indonesia. Wisata Oman yang bisa di kunjungi :

  1. Sultan Qaboos Grand Mosque
  2. Pantai Al Qorum
  3. Kota tua Muscat
  4. Al-Alam Palace

Yang hanya transit dan bisa punya waktu setengah hari, taxi bisa menawarkan city tour singkat.

Di masa pandemi saat ini, Oman menutup visa kunjungan untuk sementara waktu. Jika ada info lebih lanjut akan di informasikan.

Untuk mengunjungi Oman dari Jakarta membutuhkan waktu tempuh sekitar 7 jam 35 menit.

Maskapai penerbangan yang beroperasi untuk rute jakarta – Oman yaitu Oman Air, Saudia, KLM, Thai Airways.

Translate »
error: Content is protected !!
Message Us on WhatsApp
Exit mobile version