Rute Ciputat Tosari Beroperasi Kembali Sejak 24 Jan 2022

Buat pengguna bis Ciputat Tosari yang sempat hilang sekarang bisa tersenyum. Rute Ciputat Tosari Beroperasi Kembali Sejak 24 Jan 2022.

Rute Ciputat Tosari Beroperasi

Setelah sempat tidak beroperasi karena pandemi, pengguna transportasi umum S21 Ciputat Tosari bisa bernapas lega. Meskipun ada pembatasan operasi saat ini tapi setidaknya sudah mulai aktif kembali bisnya.

Bis beroperasi mulai jam 5.00 hingga jam 10.00 dan mulai lagi dari jam 15.00 hingga jam 21.00. Jadwal sama dengan rute 6H lebak bulus – Senen. Untuk yang mau informasi transportasi umum setiap hari bisa ikuti Twitter Transportasi Jakarta

Rute Ciputat Tosari Beroperasi Kembali Sejak 24 Jan 2022

Baca juga : Pengalaman Menggunakan Aplikasi Legalisasi Kemlu yang Baru

Busway Tosari Alternatif yang Mau ke Sudirman

Alternatif banget buat yang mau lanjut perjalanan naik busway dan stop di halte busway Pondok Pinang atau terus yang mau lewat Sudirman hingga mentok Tosari. Buat yang mau lihat jadwal transportasi Jakarta bisa di Twitter ya. Busway tetap menjadi alat transportasi umum yang lebih murah dari MRT namun jika tidak hendak buru-buru. Jika terburu-buru dan rutenya mau ke Sudirman, bisa naik MRT.

Yang mau ke Radio Dalam juga bisa menggunakan rute ini. Untuk kartu busway seperti e-Money dan Flazz bisa beli di mini market seperti Indomaret dan Alfamart. Sedangkan untuk JakLingko, bisa di beli di mesin biru di setiap halte busway yang lebih besar. Jika menggunakan kartu JakLingko, tidak bisa sekaligus tap untuk lebih dari satu orang bersamaan dengan kartu yang sama. Harus jeda sekitar 10- 15 menit.

Jadi bisa digunakan 1 kartu JakLingko untuk lebih dari satu orang namun berjarak. Kelebihannya bisa digunakan juga di angkutan umum kecil seperti angkot yang ada stiker JakLingkonya. Nol Rupiah, cuma tap saja jadi gratis.

Pilihan rute juga jika hendak ke Bundaran HI. Dari Tosari tinggal lanjut naik busway arah kota lewat Bundaran HI. Pembangunan MRT di Thamrin juga sedang dilanjutkan jadi kadang busway keluar sebentar dari jalur aslinya.

Naik busway sekarang situasinya sudah mulai penuh, makin banyak orang beraktifitas kembali. Bagi kita yang baru saja agak reda dari pandemi, tetap harus patuh prokes. karena sudah tidak di selang seling lagi bangkunya di busway.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Legalisasi Kemlu yang Baru

Buat yang sedang bingung ingin mendaftar online untuk legalisir di Kemlu. Pengalaman Menggunakan Aplikasi Legalisasi Kemlu yang Baru.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Legalisasi

Untuk mendapatkan sticker Kemlu bagi dokumen yang sudah di legalisir, kita harus melakukan pendaftaran online dahulu. Saat ini aplikasi pendaftaran legalisasi Kemlu secara online mengalami pembaharuan aplikasi.

Baca juga : Legalisir di Kemenag Tetap dua Kali Seminggu

Yang perlu di lakukan adalah mendaftar atau sign up bagi yang belum pernah menggunakan aplikasi ini. Jika sudah punya user id dan password, kita bisa mulai membuat permohonan baru.

Syaratnya, dokumen yang akan di legalisir harus sudah di legalisir terlebih dahulu oleh Kemekumham, perwakilan asing atau kedutaan.

Jika sudah maka bisa mulai mengisi aplikasi. Negara tujuan, nama yang punya dokumen dan lampirkan secara online dokumen yang akan di legalisir.

Proses persetujuannya maksimal dua hari kerja. Sekarang hari ke 2 baru ada balasan status dokumen yang sudah di verifikasi. Di aplikasi sebelumnya bisa di setujui dalam hitungan jam.

Dari sub Submitted maka akan berubah ke Waiting for payment. Jika sudah di setujui maka tagihan tersebut harus sudah di bayarkan dalam waktu 3 hari saja. Jika sudah lewat harus membuat permohonan baru.

Fitur tambahan di aplikasi yang baru ini, ada pilihan stiker ambil di kantor Kemlu atau stiker di kirim melalui Pos. Disebutkan akan bisa sampai estimasi adalah 3 hari kerja jika tidak ada tanggal merah.

Alamat Kemlu

KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA
Jl. Taman Pejambon No. 6, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10110 Indonesia

Buat yang tidak punya waktu datang langsung bisa menunggu stiker di kirim ke rumah sehingga lebih hemat. Kalau mau dateng ke Kemlu, jadwal layanan legalisasi hanya Rabu dan Jumat mulai jam 8.30 – 12.00 dan pengambilan mulai jam 13.30 – selesai.

Bagi yang mewakili pemilik dokumen, tidak perlu membawa surat kuasa. Pengurusan jika dengan di ambil langsung tidak perlu menunggu hingga 3 hari stiker sampai.

Legalisir di Kemenag Tetap dua Kali Seminggu

Yang mau tahu mengenai jadwal legalisir di Kemenag saat ini bisa di simak ceritanya disini. Legalisir di Kemenag Tetap dua Kali Seminggu.

Legalisir di Kemenag Tetap dua Kali

Saat PPKM terakhir hingga sekarang belum ada perubahan mengenai jadwal legalisir dokumen di Kemenag. Dalam seminggu hanya ada dua kali untuk pengurusan legalisir. Jadwalnya Senin dan Jumat. Jam 9.00 – 14.00

Legalisir di kemenag bukan dalam bentuk stiker tapi dalam bentuk cap yang akan kelihatan di halaman setelah tanda tangan petugas KUA di Buku nikah.

Baca juga : Jadwal Legalisir Terbaru di Kemenlu Hanya Dua Kali dalam Seminggu

Syarat Legalisir

Syarat legalisir buku nikah yang di keluarkan KUA di Kemenag :

  1. Dua buku nikah suami dan istri asli
  2. Tiga rangkap copy buku nikah yang sudah di legalisir
  3. Copy CNI / NOC ( untuk yang menikah dengan WNA )
  4. Copy Surat mualaf
  5. Foto copy KTP
  6. Foto copy paspor ( untuk yang menikah dengan WNA )
  7. Surat kuasa dengan materai 10,000 ( Jika di wakilkan )

Untuk yang menikah non islam, pengurusan legalisir hanya di kemenkumham dan kemenlu. Akta nikah di keluarkan oleh Dukcapil. Legalisir buku nikah tidak bisa hanya satu buku saja.

Proses legalisasi akan selesai satu hari. Datanglah di waktu dan jam yang sudah ada jadwalnya di atas. Selain hari itu tidak di layani untuk legalisir.

Alamat Kemenag

Jalan M.H. Thamrin No.6, Menteng, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Kalau naik busway. Halte busway terdekat yaitu halte busway Bank Indonesia. Gedungnya di samping gedung bank Indonesia.

Jika sudah selesai di Kemenag, maka legalisir di lanjutkan ke Kemenkumham dan terakhir di Kemenlu. Tahapan ini harus di selesaikan. Biasanya legalisir buku nikah bertujuan hendak pindah atau mengajukan visa ke luar negeri mengikuti suami WNA atau ke luar negeri untuk urusan studi dan sebagainya.

Jika ingin menikah di luar negeri juga bisa mengirimkan copy salinan dokumen ke Kemenag. Misalnya N1 – N5, surat single dan sebagainya.

Surat single tidak di legalisir di Kemenag. Ini dibuat di KUA atau dukcapil. Surat single langsung di legalisir di Kemenkumham dan Kemenlu jika hendak menikah di luar negeri.

Jadwal Legalisir Terbaru di Kemenlu Hanya Dua Kali dalam Seminggu

Buat yang belum tau jadwal legalisir dokumen di Kemenlu Jakarta. Jadwal Legalisir Terbaru di Kemenlu Hanya Dua Kali dalam Seminggu

Jadwal Legalisir Terbaru

Kalau kamu sedang cari informasi kapan dan bagaimana legalisir dokumen di Kemenlu Jakarta, mesti baca ini lebih lanjut. Jadi legalisir dokumen di Kementrian biasanya terkait dengan kebutuhan untuk ke luar negeri.

Jadwalnya :

Penyerahan dokumen : 08.30 – 11.30

Pengambilan dokumen : 13.30 – 15.30

Jika ada kendala sistembisa lebih sore dari jadwal di atas untuk pengambilan dokumen dan jika lagi banyak yang legalisir, antrian bisa panjang dan bisa menunggu lebih lama.

Tapi kita bisa mengambil di jadwal buka legalisir pada hari lain. Misalnya hari rabu sudah tidak keburu mengambil dokumen, maka bisa di hari Jumat untuk pengambilan bisa, dengan kondisi nomor antrian tidak hilang.

Baca juga : Berapa Tarif Main Golf di Pondok Indah Jakarta Selatan ?

Alamat Kemenlu

KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA
Jl. Taman Pejambon No. 6, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10110 Indonesia

Apa yang harus di bawa setelah mendaftar online dan membayar

  1. Dokumen yang akan di legalisir dan stiker Kemenkumham sudah di tempel di dokumen tersebut
  2. Resi pembayaran yang sudah lunas

Jika mewakili dokumen seseorang, tidak perlu lagi surat kuasa. Legalisir bisa selesai satu hari namun setelah penyerahan di pagi hari, maka sore setelah makan siang harus kembali lagi ke kantor Kemenlu untuk mengambil dokumen hasil.

Kalau stiker Kemenkumham bisa di tempel sendiri namun untuk stiker Kemenlu harus di tempel oleh petugas di kantor Kemenlu. Kita harus datang ke kantor untuk mendapatkan stiker Kemenlu.

Stiker legalisir di Kementrian tidak ada tanggal expire kecuali surat seperti surat single yang akan di legalisir, SKCK dan beberapa surat lainnya. Jika surat sudah expire maka harus buat kembali yang baru.

Bagi surat dari luar negeri dan hendak digunakan di Indonesia, surat harus di legalisir dulu di KBRI di negara asal. Sampai di Indonesia di legalisir di Kemenlu di Jakarta.

Berapa Tarif Main Golf di Pondok Indah Jakarta Selatan ?

Saat ini peminat permainan golf meningkat, segala kalangan bisa mencobanya. Berapa Tarif Main Golf di Pondok Indah Jakarta Selatan ?

Berapa Tarif Main Golf di Pondok Indah

Kalau tinggal di Jakarta Selatan, Lapangan Golf Pondok Indah bisa termasuk di bilang yang sudah lama di buka. Letaknya dekat dengan Mall Pondok Indah.

Dengan lokasi yang strategis dan kawasan yang semakin berkembang, menjadikan Golf Pondok Indah mulai tambah ramai.

Alamat :

Jl. Metro Pondok Indah No.16, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12310

Golf Pondok Indah buka setiap hari, sewa mulai dari bola 50 dan bola 100. Buat yang member dan non member harganya berbeda. Ada juga sewa untuk grup, minimum dua jam.

Buat yang ingin di dampingi pelatih, harganya sewa pelatih adalah 600 ribu / jam. Menurut info resepsionis, jika mau sewa pelatih ditambah 100 bola berarti sekitar 800 ribu.

Kalau untuk fasilitas yang lain silahkan cek disini

Disini saya hanya sharing saat saya berkunjung ke Padang golf Pondok Indah dan bukan bekerja di sana. Jika ingin informasi lebih jelas, coba hubungi langsung ke tempatnya.

Baca juga : Jadwal Visa dan Legalisir di Kedutaan Mesir Jakarta Terbaru

Untuk bisa bagus bermain golf tergantung ketekunan belajar. Kalau hanya sebagai gaya hidup dan pergaulan bisa saja belajar secara instant tapi tentu hasilnya tidak maksimal.

Untuk reservasi bisa hubungi :

Telp 769 4906 ext 340 / 341

WA booking 0811 1000650

Email : Booking@golfpondokindah.com

Langsung datang juga bisa ke lokasinya di Pondok Indah. Sehabis bermain golf kita bisa jalan kaki ke Mall Pondok Indah yang terletak di sebelah golf. Restoran sekitar lokasi golf juga banyak yang baru.

Kalau dari Lebak bulus rute kesini tinggal naik busway koridor 8 Lebak Bulus – Harmoni. Kalau dari Bundaran HI, bisa naik MRT ke MRT Lebak Bulus dan naik busway koridor 8.

Di Jakarta selatan, lapangan golf lain yaitu lapangan golf Senayan. Itu juga termasuk lapangan golf terkenal yang sudah lama dibangun dan di operasikan.

Jadwal Visa dan Legalisir di Kedutaan Mesir Jakarta Terbaru

Cerita pengalaman saya mengurus visa di kedutaan Mesir belum lama ini. Jadwal Visa dan Legalisir di Kedutaan Mesir Jakarta Terbaru.

Jadwal Visa dan Legalisir

Belum lama ini saya mengajukan visa Mesir, rupanya ada perubahan untuk jam pengurusan visa dan legalisir. Berikut jadwal untuk pengajuan dan pengambilan

Penyerahan dokumen : Jam 9.30 -12.30

Pengambilan dokumen: Jam 15.00 – 16.00

Tapi menurut informasi, bisa saja untuk pengambilan paspor di jadwal penyerahan dokumen yaitu pagi hari. Buat yang mengajukan visa, harus mengetahui tipe visa apa yang harus diajukan. Syarat mengajukan visa juga harus di penuhi dan tidak bisa di tawar lagi karena bisa menyebabkan permohonan di tolak.

Baca juga : VFS Tasheel yang Beroperasi di Jakarta untuk Layanan Visa Saat ini

Alamat kedutaan Mesir

Jl. Teuku Umar No.68, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Jakarta 10310

Proses pengajuan visa turis Mesir kurang lebih 3 minggu atau 15 hari kerja atau tergantung keputusan dari konsulat. Syarat Visa Mesir :

  1. Paspor
  2. Pas foto 4 x 6 latar belakang putih 2 lembar
  3. Mengisi form visa
  4. Surat keterangan Bekerja / Surat usaha bagi wiraswasta
  5. Surat undangan ( untuk bisnis visa )
  6. Booking hotel
  7. Reservasi tiket pesawat
  8. copy KTP
  9. copy KK / copy Buku nikah
  10. Salinan Rekening tabungan 3 bulan terakhir

Untuk yang perjalanannya di sponsorin perorangan atau perusahaan, tetap harus punya rekening tabungan atas nama sendiri dan surat undangan dari sponsor dan copy rek tabungan sponsor.

Jenis Visa yang bisa diajukan di Kedutaan Mesir

  1. Entry Single Visa
  2. Entry Visa Multiple
  3. Tourist Visa Single
  4. Tourist Visa Multiple
  5. Transit Visa Single
  6. Transit Visa Multiple
  7. Student Visa

Untuk peraturan perjalanan ke Mesir, kalian bisa cek sendiri, apakah ada karantina atau tidak. Di masa pandemi ini, yang jelas setiap keberangkatan perjalanan, harus siapkan kartu vaksin lengkap dan tes PCR sebelum berangkat.

Jangan lupa setelah usai perjalanan dan kembali ke tanah air, tetap berlaku karantina sesuai aturan pemerintah.

VFS Tasheel yang Beroperasi di Jakarta untuk Layanan Visa Saat ini

Yang hendak mengajuan visa Saudi kita harus ke VFS Tasheel. VFS Tasheel yang Beroperasi di Jakarta untuk Layanan Visa Saat ini.

VFS Tasheel yang Beroperasi di Jakarta

Untuk mengajukan visa sekarangan di Pusatkan di VFS Tasheel Halim Jakarta Timur, Graha Dirgantara. Mulai banyaknya permohonan membuat pengambilan slot menjadi agak sulit untuk biometrik.

Cabang VFS Tasheel di Jakarta yang aktif di Halim dan Epiwalk Kuningan tapi Epiwalk hanya dibuka sebentar selama pandemi dan kemudian di tutup kembali.

VFS Tasheel di Halim, Jakarta Timur

Graha Dirgantara GF Floor Unit F, Jl. Protokol Halim Perdanakusuma No.8, RT.7/RW.9, Halim Perdana Kusumah, Makasar, Kota Jakarta Timur, 13610

Epiwalk, Jakarta Selatan
Jalan HR. Rasuna Said, Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

Baca juga : Tarif Bis Damri ke Bandara Soekarno Hatta Sekarang dari Lebak Bulus

Beberapa tipe visa mengharuskan untuk melampirkan medical GAMCA dan ada yang tidak. Contohnya visa keluarga, visa kerja dan visa pelajar.

Sebelum pengajuan visa, yang harus di persiapkan sudah pasti dokumen dan bila diperlukan dokumen tersebut harus di legalisir. Misalnya di kementrian dan di kedutaan Saudi Arabia

Alamat Kedutaan Saudi Arabia

Jalan HR Rasuna Said Kav. B2 Kecamatan Setiabudi RT.10/RW.7 Kuningan, RT.10/RW.7, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, 12920

Sertifikat vaksin juga di tambahkan dalam persyaratan pengajuan visa.

Berapa lama mengurus visa Saudi Arabia ? estimasi adalah 3 hari kerja sudah bisa di ambil.

Apakah visa Turis ke Saudi sudah buka sepenuhnya ? Hanya untuk beberapa negara saja yang bisa masuk ke Saudi Arabia, sayangnya Indonesia belum termasuk.

Yang harus di persiapkan lebih adalah peraturan mengenai tes PCR sebelum berangkat dan karantina baik di tempat tujuan maupun sekembalinya dari luar negeri. Biaya perjalanan menjadi melebihi budget.

Peraturan umrah dan Haji juga sedikit demi sedikit di buka meskipun belum seramai dahulu sebelum pandemi. Semoga bisa kembali lagi menjalankan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia meskipun dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Tarif Bis Damri ke Bandara Soekarno Hatta Sekarang dari Lebak Bulus

Mau ke bandara Internasional Soekarno Hatta ? yang murah naik Bus Damri. Tarif Bis Damri ke Bandara Soekarno Hatta Sekarang dari Lebak Bulus.

Tarif Bis Damri ke Bandara Soekarno Hatta

Di Lebak Bulus dekat busway, ada pool bus Damri ke bandara Soekarno Hatta. Saat ini jadwal keberangkatan ke bandara mulai dari Jam 4.00 pagi hingga jam 18.00. Bis berangkat setiap satu am sekali. Buat yang penerbangan malam hari di atas jam 20.00, harus sudah berangkat dari jam 18.00.

Tarif bus Damri ke Bandara Soekarno Hatta dari pool bus bandara di Lebak bulus adalah Rp 85,000. Untuk daerah lain yang tarifnya sama seperti dari Kemayoran, Blok M, Pasar Minggu, Rawamangun, Kp. Rambutan, Gambir, Tj Priuk, Mangga Dua, Pramuka, Pulo Gebang, Serpong, Epicentrum, Halim Bogor, Thamrin.

Di luar daerah yang di sebutkan di atas bisa berbeda dan silahkan cek masing-masing.

Baca juga : Legalisir Perjanjian Prenuptial di Kemenkumham dan Kemenlu

Untuk di halte bus Pondok Indah di PIM 2 masih belum beroperasi. Yang di Cinere bellevue juga blm beroperasi lagi jadi buat yang tinggal di wilayah lebak bulus dan sekitarnya, yang terdekat pool bis damri di Lebak bulus.

Ada beberapa alternatif transportasi umum menuju bandara Soekarno Hatta, yaitu Bis Damri dan Kereta bandara. Kereta bandara mulai dari stasiun Manggarai, stasiun KA Bandara BNI City, Stasiun KA Bandara Duri, Stasiun KA Bandara Batu Ceper.

Sejak pandemi mulai di seluruh dunia, penerbangan ke berbagai destinasi sempat mengalami penurunan oleh karen itu transportasi menuju bandara ada sebagian yang tidak beroperasi lagi di beberapa pool damri. Namun di tahun 2021 mulai perlahan banyak orang yang melakukan perjalanan udara.

Namun pengalaman dari teman-teman yang sudah mulai melakukan penerbangan antar kota atau antar negara, antrian tes anti gen, swab tes dan karantina masih harus di jalani.

Jadi jika ingin terbang ke tempat lain harus sudah tahu konsekuensinya untuk menjalani serangkaian kebiasaan normal baru

Legalisir Perjanjian Prenuptial di Kemenkumham dan Kemenlu

Kita suka bertanya dokumen apa yang bisa di legalisir di Kementrian RI. Legalisir Perjanjian Prenuptial di Kemenkumham dan Kemenlu.

Legalisir Perjanjian Prenuptial

Pre nuptial agreement atau perjanjian pra nikah adalah perjanjian yang di buat secara tertulis sebelum pernikahan antara pasangan dengan tujuan untuk melindungi hak dan kewajiban pasangan setelah menikah.

Setelah masing-masing pihak sepakat dengan isi perjanjian maka surat tersebut perlu di tanda tangan notaris. Langkah selanjutnya melegalisir ke dua kementrian. Kementrian Hukum dan HAM dan Kemenlu.

Baca juga : Salinan NOC Wajib untuk Urus Legalisir di Kementrian Agama RI

Cara mendaftarkan dokumen untuk legalisir di Kemenkumham :

  1. Login di website AHU
  2. Isi data diri, informasi dokumen dan lampirkan dokumen yang mau di legalisir
  3. Klik submit
  4. Kalau sudah berhasil tinggal menunggu jawaban via email

Jika sudah dapat pemberitahuan bahwa dokumen di setujui maka print voucher dan lakukan pembayaran di ATM / Bank BNI, Bank Jabar dan Bank Mandiri.

Jika sudah melakukan pembayaran bisa ke gedung Cik’s untuk menyerahkan bukti bayar dan stiker akan di kirimkan via pos.

Cara mendaftarkan dokumen untuk legalisir di Kemlu

  1. Login di aplikasi Kemlu untuk legalisir di HP kalian
  2. Isi permohonan dan lampirkan dokumen dan stiker Kemenkumham secara online
  3. Jika sudah berhasil, tunggu balasan dari cek aplikasi Kemlu.

Kalau sudah ada upload bukti pembayaran, cek apakah disetujui atau belum. Jika belum di ulang lagi mendaftar online. Setelah proses kementrian biasanya di lanjutkan ke kedutaan jika menikah dengan WNA. Dokumennya akan digunakan juga di luar negeri di negara tempat pasangan berasal.

Pengurusan legalisir kementrian dan kedutaan memakan waktu kurang lebih dua minggu. Untuk kedutaan, mereka yang akan tentukan kapan kita bisa datang untuk mengurus legalisasi. Tiap kedutaan berbeda-beda. Ada yang menerapkan jadwal dengan mengisi di website kedutaan atau mengirimkan email untuk permohonan appointment.

Perjanjian prenup penting terutama yang menikah dengan pasangan beda negara namun tidak wajib. Ini tergantung kesepakatan bersama.

Salinan NOC Wajib untuk Urus Legalisir di Kementrian Agama RI

Untuk yang menikah dengan WNA India di Indonesia, mengurus dokumen akta nikah selanjutnya yaitu melegalisirnya. Salinan NOC Wajib untuk Urus Legalisir di Kementrian Agama RI.

Apa itu NOC ?

NOC atau No Objection Certificate adalah Surat Tidak ada Halangan untuk menikah yang di keluarkan oleh Kedutaan negara di mana WNA berasal jika ingin menikah di Indonesia.

Salinan NOC Wajib untuk Urus Legalisir

NOC sama dengan CNI ( Certificate of No Impediment ) di negara lain. Kalau untuk Pakistan dan India, disebutnya NOC. Apa syarat dokumen yang harus di penuhi untuk mendapatakan NOC ?

Syaratnya :

  1. Surat single / affidavit yang di buat oleh ortu WNA menyatakan bahwa statusnya single atau pernah menikah dan tidak keberatan menikah. Di buat oleh notaris dan di legalisir oleh pengadilan setempat di negaranya
  2. Copy Paspor
  3. Copy Visa WNA

Jika sudah mendapatkan NOC, jangan lupa di copy. Yang asli di serahkan ke KUA ( bagi yang menikah secara muslim ) . Copy NOC berguna untuk mengurus legalisir buku nikah di Kementrian agama RI. surat singe pengantar membuat NOC / CNI biasanya mempunyai batas waktu hingga enam bulan. Bisa coba di cek langsung. Masa expire dokumen surat single bisa juga berbeda – beda.

Baca juga : Cara Mengajukan Visa Pasangan di Malaysia Saat Pandemi

Alamat Kedutaan India

Gama Tower, 28th floor, Jl. HR. Rasuna Said Kav. C22,
Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta 12940

Setelah selesai di Kemenag, legalisir di lanjutkan ke Kemenkumham dan Kemenlu. tapi salinan NOC tidak di minta lagi. Tujuan legalisir adalah untuk mengesahkan dokumen negara yang hendak di bawa ke luar negeri. Bisa untuk pengajuan visa.

Setiap proses dan syarat yang di minta kementrian harus di penuhi salah satunya salinan NOC / CNI. Untuk menikah di luar negeri juga punya peraturan yang sama, harus membawa dokumen surat single kita yang sudah di legalisir kementrian di Indonesia.

Syarat dokumen untuk menikah di luar negeri juga bisa di tanyakan di KUA / kelurahan /dukcapil.

Translate »
error: Content is protected !!
Message Us on WhatsApp
Exit mobile version