Kemana Mengurus perpanjang SKCK untuk ke Luar Negeri ?

Buat teman-teman yang baru mau membuat dan perpanjang SKCK, penting mengetahui tujuan mengurus. Kemana Mengurus perpanjang SKCK untuk ke Luar Negeri ?

Kemana Mengurus perpanjang SKCK ?

SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian ) mempunyai masa berlaku hingga 6 bulan. SKCK bisa di perpanjang sebelum habis masa berlakunya sesuai dengan kebutuhan.

Ternyata untuk mengurus SKCK, kita harus melihat dulu tujuan mengurus untuk apa ? Saya punya pengalaman mengurus perpanjang SKCK untuk penerbitan visa ke luar negeri ( misal untuk studi dan sebagainya ) .

Syarat perpanjang :

  1. Membawa SKCK lama
  2. Salinan KTP
  3. Salinan paspor
  4. Copy Akta lahir
  5. Copy Kartu keluarga
  6. Pasfoto 4×6 latar belakang merah sebanyak 4 lembar.
  7. Surat kuasa bermeterai jika di wakilkan.

Kita tidak perlu lagi melampirkan rekam perumusan sidik jari bagi yang akan perpanjang SKCK. Ini hanya untuk pembuatan baru.

Untuk pengurusan baru dan perpanjang SKCK yang akan di gunakan ke luar negeri atau sebagai syarat permohonan visa, maka kita harus pergi ke Mabes di alamat di bawah ini.

Untuk yang baru atau akan perpanjang SKCK untuk keperluan pembuatan visa maka perlu datang ke Mabes dengan alamat di bawah ini :

Jl. Trunojoyo No.3, RT.2/RW.1, Selong, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110.

Pintu masuk adanya di seberang Kementerian PUPR. Angkutan yang terdekat adalah dengan naik MRT dan turun di halte ASEAN dan tinggal jalan menuju lokasi di atas.

Baca Juga : Laundry Tas dan Sepatu di H Jeni Gandaria Utara Jaksel

Mulai buka loket jam 8.30, tutupnya jam 15.00. Lebih enak datang pagi saat antrian belum banyak. Buatnya cepat asal semua dokumen yang di bawa semua lengkap. Surat kuasa juga akan diserahkan ke petugas.

Pertama ambil nomor antrian lewat mesin, kemudian menunggu panggilan. Menyerahkan berkas. Kemudian kita di minta menunggu kurang lebih 30 – 45 menit.

Nanti akan di panggil kembali dan di minta untuk membayar biaya SKCK dan tulis nama penerima dan tanda tangan.

Laundry Tas dan Sepatu di H Jeni Gandaria Utara Jaksel

Buat yang gak punya waktu dan males ribet mencuci tas dan sepatu sendiri, kamu mesti cek ini. Laundry Tas dan Sepatu di H Jeni Gandaria Utara Jaksel

Laundry Tas dan Sepatu di H Jeni

Yang tinggal di sekitar Blok A, Radio dalam, Cipete dan sekitarnya, sekarang ada laundry rumahan di H Jeni. Tinggal hubungi saja via whatsapp. Harganya terjangkau deh dan meski rumahan tapi hasilnya okey banget.

Laundry sepatu itu ada dua macam yaitu wet clean ( basah ) dan dry clean ( kering ). Untuk yang wet di butuhkan air, beberapa bahan kimia contohnya antara lain anti bacterial. Yang dry clean membutuhkan pembersih sepatu. Untuk barang yang digunakan untuk kedua kategori yaitu sikat halus maupun kasar.

Baca juga : Royaltrans Kuningan Cibubur Shelter dekat Gedung KPK

Selain cuci sepatu, ada juga untuk cuci tas, koper dan pakaian. Nah apalagi menjelang lebaran dan setelah lebaran, dimana pembantu juga ikut libur. Karena mudik di larang saat ini tapi si mbak di rumah pasti perlu istirahat, Yuk untuk meringankan pekerjan rumah, silahkan di cek deh tempat ini. Yang lokasi rumahnya dekat, langsung saya hubungi.

Membersihkan sepatu jika tidak tepat maka warna sepatu akan tetap terlihat kusam dan pudar, terutama sepatu kets atau sneakers dan sejenisnya. Pemeliharaan sepatu untuk di cuci minimal seminggu sekali. Tergantung seberapa sering sepatu digunakan. Penyimpanan sepatu pun agar awet ada triknya.

Sepatu yang jarang dipakai sebaiknya masukan dalam dus sepatu dengan silica. Yang sering di pakai bisa di taruh di rak sepatu sehingga mudah untuk mengambilnya.

Jangan simpan sepatu dalam keadaan basah dan menumpuk sepatu. Selalu bersihkan bagian dalam sepatu.

Untuk mencuci tas pun ada triknya dan jika perawatan tas salah maka tas menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Kita harus kenali dulu jenis bahan tas dan kita bisa mengetahui bagaimana menerapkan cuci tas yang sesuai. Untuk tas yang bagus biasanya ada label cara mencuci tas untuk informasi.

Royaltrans Kuningan Cibubur Shelter dekat Gedung KPK

Royal trans rute Kuningan – Cibubur, stop point pertama di Kuningan Rasuna Said. Royaltrans Kuningan Cibubur Shelter dekat Gedung KPK.

Royaltrans Kuningan Cibubur Shelter

Bus Jurusan ini sangat membantu para pekerja yang berlokasi kawasan sekitar rute yang di laluinya untuk bisa kembali ke rumah langsung dengan naik bus nyaman ke Cibubur.

Sore hari sekitar Jam 16.00, Bus Royaltrans sudah mulai standby di halte bus dekat gedung KPK. Lokasi ini atau tidak jauh dari Gedung Menara Imperium.

Baca juga : Perlukah Mengajukan Visa Bosnia bagi Warga Negara Indonesia ?

Berikut rute Royaltrans 6 P :

Setiabudi Utara Aini 1 – Imperium – Kuningan Madya – Cipta Rasuna Said. – Karet Kuningan 1 – Perpustakaan Umum Daerah. – Gama Tower – Patra Kuningan 1 – Tempo Scan. – Bulog – Tegal Parang 2 – Rest Area TMII – Rest Area Cibubur – Buperta Cibubur – Cibubur Junction.

Alternatif bagi yang tidak bisa menggunakan busway namun jalur pulang kerumah dekat dengan rute ini, bisa di manfaatkan. Biaya untuk menggunakan royaltrans sekitar 10,000 per orang.

Bisnya nyaman, ber AC, ada colokan untuk charge di setiap tempat duduk. Waktu tunggu hingga sampai ke tempat tujuan menjadi tidak terlalu terasa saat di dalam bis.

Untuk naik bus ini kita harus melakukan pemesanan bangku dahulu melalui aplikasi tijeku. Pembayaran menggunakan kartu elektronik dengan alat Tap on Bus ( TOB ). Kalau mau terus update tentang jadwal bus, bisa cek di twitter transportasi Jakarta. Saya hanya berbagi pengalaman naik transportasi umum Jakarta dan tidak bekerja di Tije.

Pemerintah berusaha terus untuk membuat transportasi umum Jakarta lebih nyaman dan lebih mudah untuk di tumpangi. Berkeliling Jakarta menjadi lebih mudah namun di tahun kedua pandemi di seluruh dunia. Ada beberapa transportasi yang untuk sementara tidak beroperasi khususnya di Jakarta.

Transportasi bandara atau bus Damri yang di beberapa wilayah tidak beroperasi, bus tije ciputat tosari dan beberapa rute lain.

Bus tingkat keliling kota Jakarta belum kelihatan beroperasi lagi. Semoga pandemi segera berakhir dan kembali normal.

Perlukah Mengajukan Visa Bosnia bagi Warga Negara Indonesia ?

Buat yang penasaran dengan Bosnia, saat ini turis sudah bisa berkunjung kesana. Perlukah Mengajukan Visa Bosnia bagi Warga Negara Indonesia ?

Perlukah Mengajukan Visa Bosnia ?

Berkunjung ke Bosnia dan Herzegovina sekarang sudah bisa tanpa visa untuk WNI, apa syaratnya ? Bagi yang mau kesana tanpa visa harus sudah punya visa schengen multi entry, visa negara EU atau yang punya visa USA. Kita diberikan izin tinggal di Bosnia hingga 30 hari.

Jika belum ada visa schengeng, maka harus mengajukan visa Bosnia di kedutaan Bosnia di Jakarta. Apa aja syaratnya ?

  1. Paspor yang masih berlaku 6 bulan terakhir.
  2. Pasfoto satu lembar ukuran paspor
  3. Mengisi form aplikasi secara online
  4. Surat undangan resmi baik dari perusahaan atau dari perorangan ( jika ada )
  5. Booking hotel
  6. Booking tiket PP
  7. Rekening koran 3 bulan terakhir
  8. Asuransi perjalanan
  9. Itinerary
  10. Bukti pembayaran visa

Saat ini untuk mengajukan visa schengen untuk kunjungan turis masih belum di buka, hanya beberapa kategori saja yang bisa. Oleh karena itu kalau punya rencana mengunjungi Bosnia sekarang ini, bisa langsung mengajukan visa saja karena sudah dibuka.

Baca juga : Pengalaman Mengurus Penggantian E-KTP Lama di Pamulang Square

Alamat kedutaan Bosnia :

Menara Imperium Jl. HR Rasuna Said Kav 1 Guntur Setiabudi Jakarta Selatan DKI Jakarta, RW.6, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950.

Wawancara permohonan visa di perlukan saat menyerahkan dokumen ke kedutaan. Untuk Visa tipe C ( short term visit ) dan tipe D ( long term visit ) sudah bisa di ajukan.

Pengajuan Visa tipe D, masa berkunjung tidak bisa melebihi 180 hari dalam periode satu tahun. Tambahan dokumen untuk visa tipe D adalah surat SKCK yang di terjemahkan ke dalam bahsa Inggris dan sudah di legalisasi oleh kementrian dan kedutaan Bosnia sebelumnya.

Wisata menarik di Bosnia dan Herzegovina :

  1. Sarajevo
  2. Mostar
  3. Konjic
  4. Taman Nasional Sutjeska
  5. Desa Gunung Lukomir
  6. Blagaj
  7. Počitelj

Pemegang paspor Indonesia juga bisa mengunjungi Serbia bebas visa selama 30 hari.

Pengalaman Mengurus Penggantian E-KTP Lama di Pamulang Square

Buat yang tinggal di Tangsel dan mau ganti E-KTP karena perubahan data atau hilang. Pengalaman Mengurus Penggantian E-KTP Lama di Pamulang Square.

Pengalaman Mengurus Penggantian E-KTP Lama

Apa saja yang perlu dilakukan sebelum datang ke Mall ?

  1. Daftar online melalui website disdukcapil tangsel, disini
  2. Kalau sudah, pilih hari dan tanggal yang masih kosong
  3. Print lembaran pendaftaran
  4. Membawa copy Kartu Keluarga
  5. Membawa E-KTP asli
  6. Datang ke Mall yang terdekat ( Pilihan : Pamulang Square, Teras kota Mall, Alam Sutera dan Bintaro Plaza )

Kalau E-KTP hilang, sebaiknya bawa surat hilang dari kepolisian karena kalau hanya membawa syarat diatas maka kita disuruh balik lagi untuk melengkapinya.

Kalau perubahan data karena di KK tercantum perbedaan tgl lahir/tempat lahir/nama/ perubahan status, maka E-KTP harus di cetak ulang. E-KTP harus sesuai dan mengikuti data di KK.

Untuk yang ingin mengganti pasfoto lama karena berubah penampilan, misal berhijab atau hal lain, maka hanya bisa dilakukan di Mall Teras Kota, BSD.

Kalau dari rumah saya ke Teras Kota, harus naik angkutan umum ke stasiun terdekat di stasiun Rawa buntu kemudian disambung naik ojek.

Baca juga : Bagaimana Mengurus CNI ke Kedutaan China di Jakarta ?

Layanan buka dari jam 11 – 14.00. Kalau di Pamulang Square, lokasi gerai ada di lantai 2 dekat D’cost. Jika ada yang datang tapi belum daftar online maka tidak di layani. Jangan lupa bawa print bukti pendaftarannya.

Angkutan untuk menuju Pamulang square, Naik D15 dari arah lebak bulus ke Pamulang. Turun di bundaran. Naik lagi angkot Jurusan Muncul – Ciputat. Angkot ini lewat persis di depan Mall.

Prosesnya tidak lama. Hari itu juga jadi tapi harus antri dari siapa yang datang paling duluan. Untuk penggantian tidak dikenakan biaya apa-apalagi. Pencetakan kartu Identitas anak juga bisa disini.

Kalau untuk mengambil e-ktp bisa diwakilkan asal masih dalam satu KK ( Kartu Keluarga ). Tinggal tunjukan saja KK dan bawa E-KTP lama yang mau di urus. Tidak memerlukan surat kuasa. Kecuali di urus oleh orang yang bukan dari satu KK.

Bagaimana Mengurus CNI ke Kedutaan China di Jakarta ?

Untuk yang hendak menikah dengan WNA asal China di Indonesia, perlu simak ini. Bagaimana Mengurus CNI ke Kedutaan China di Jakarta ?

Bagaimana Mengurus CNI ke Kedutaan China

Apa itu CNI ( certificate of No Impediment ) ?

adalah surat ijin yang di keluarkan oleh kantor kedutaan asing yang menyatakan tidak ada halangan untuk menikah ( bebas menikah ).

Sebelumnya pihak WNA harus mengurus surat single tersebut di negaranya dan dilegalisir di kemenlu negaranya. Kemudian surat rekomendasi tersebut di bawa ke kedutaan tempat dimana akan melangsungkan pernikahan.

Syarat untuk mengajukan CNI :

  1. Mengisi form aplikasi notarial dari kedutaan
  2. Paspor WNA dan copynya
  3. KITAS / KITAP WNA
  4. Surat single dari negara WNA yang sudah di legalisir
  5. Surat cerai ( jika sudah pernah ), asli dan foto copy
  6. KTP WNI dan copynya
  7. surat single WNI ( copy dan asli )

Untuk dokumen WNI tidak perlu di legalisir dahulu di kementrian karena dokumen tersebut akan digunakan di Indonesia. Namun saat sudah menikah maka yang dilegalisir di kementrian adalah buku nikah asli suami dan istri dan kemudian dilegalisir di kedutaan negara asal suami.

Tujuannya saat berkunjung ke luar negeri baik hanya untuk sementara atau seterusnya, misal karena ikut suami ke negara asal maka salah satu syarat permohonan visa untuk keluarga adalah buku nikah

Syarat legalisir di Kementrian Agama, harus menyertakan copy CNI dan surat mualaf beserta buku nikah dan copy buku nikah yang sudah di legalisir oleh KUA setempat.

Baca : Pengalaman Legalisir Kartu Keluarga di Kedutaan Taiwan

Alamat Kedutaan China

Jl. Mega Kuningan No.2, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, 12950.

Kedutaan ini berlokasi di seberang Mall Ambassador dekat Pos Polisi. Yang hendak mengurus dokumen tidak bisa masuk, hanya satpam saja di balik pagar yang akan menyampaikan keperluannya ke dalam. Untuk lebih praktisnya kalau bisa sudah buat janji dulu sehingga lebih mudah. Bagaimana membuat janji ? Sebelum datang ke kedutaan terlebih dahulu kirim email. Setelah ada balasan maka datang sesuai janjinya.

Pengalaman Legalisir Kartu Keluarga di Kedutaan Taiwan

Kartu keluarga adalah salah satu dokumen yang bisa di legalisir sesuai keperluan tertentu. Pengalaman Legalisir Kartu Keluarga di Kedutaan Taiwan.

Pengalaman Legalisir Kartu Keluarga

Syarat Legalisir di kedutaan Taiwan :

  1. Menyiapkan dokumen yang akan di legalisir ( asli dan terjemahan jika diperlukan ). Sebelumnya dokumen tersebut sudah di legalisir terlebih dahulu di kementrian
  2. Copy Paspor dan ID Card
  3. Membawa dokumen ke kedutaan di jam kerja kedutaan Taiwan. Untuk legalisir datang setiap senin untuk memasuki dokumen.
  4. Surat kuasa bermeterai jika di wakilkan
  5. Siapkan map untuk dokumen dan copy semua dokumen yang akan di legalisir untuk salinan di kedutaan
  6. Membayar biaya legalisir. Ada dua pilihan, yang biasa dan express.

Untuk legalisir biasa akan selesai 5 hari kerja. Untuk legalisir express bisa selesai dalam 3 hari. Pengambilan di hari rabu jam 13.30 – 15.30.

Baca juga : Negara Mana yang Sudah Buka untuk Kunjungan Turis di masa Pandemi ?

Untuk legalisasi dan permohonan visa tinggal datang saja tanpa janji temu jika dokumen sudah lengkap. Ada baiknya ditanyakan dahulu melalui email untuk dokumen apa saja yang harus di bawa supaya tidak bolak balik.

Alamat kedutaan Taiwan :

Gedung Artha Graha Lantai 12 dan 17 , Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan 12190.

Halte busway terdekat adalah halte Polda. Untuk stasiun MRT terdekat adalah istora Mandiri. Catatan untuk pengambilan dokumen, di mulai jam 13.30 tepat waktu.

Prosesnya mudah dan agak sepi pengunjung sehingga gak perlu khawatir berdesakan. Setiap jam buka aja yang mau mengurus dokumen dan visa ke Taiwan. disediakan meja dan kursi jika mau menulis formulir dan kelengkapan lainnya.

Untuk hasil legalisir dalam bentuk satu lembar kertas yang di tempel di depan dengan di tanda tangani pejabat berwenang, bukan dalam bentuk sticker yang di tempel di belakang.

Legalisir tujuannya supaya dokumen dari suatu negara dapat diakui dan memiliki kekuatan hukum di negara lain tanpa mencurigai keaslian segel dan tanda tangan yang tercantum tersebut

Negara Mana yang Sudah Buka untuk Kunjungan Turis di masa Pandemi ?

Tepat setahun masa pandemi dimana hampir semua negara menerapkan lockdown untuk turis asing. Negara Mana yang Sudah Buka untuk Kunjungan Turis di masa Pandemi ?

Negara Mana yang Sudah Buka untuk Kunjungan Turis

Daftar Negara saat ini yang sudah bisa kunjungan Turis

  1. Turki
  2. UAE ( Dubai )
  3. UK
  4. Pakistan
  5. Bangladesh
  6. Oman
  7. United States
  8. Thailand
  9. Maroko
  10. Serbia
Kedutaan Thailand Jakarta

Baca juga : Perpanjang Visa Turis Pakistan Lebih Baik Offline dari pada Online

Daftar di atas untuk kunjungan turis biasa. Sedangkan kalau di Eropa short visit visa tipe C untuk khusus Long Distance Relationship Visa dan kunjungan jika punya keluarga WNA. Salah satu syaratnya harus punya undangan dari WNA di negaranya dan surat pernyataan tentang hubungannya minimal sudah berlangsung 3 bulan.

Untuk negara-negara di atas, Serbia dan Maroko adalah negara bebas visa bagi paspor Indonesia selama 30 hari. Jadi tinggal beli tiket penerbangan saja dan langsung bisa berangkat. Mengenai peraturan karantina disana bisa cek dan hubungi kedutaan masing-masing.

Sedangkan Turki dan Pakistan menggunakan E Visa, jadi visa tidak di tempel di paspor tapi di print. Negara yang lain tetap mengajukan visa. Proses visa tergantung masing-masing kedutaan. Rata-rata pengurusan permohonan visa bisa mengisi form secara online dan datang ke kedutaan atau VFS global hanya rekam biometrik saja.

Sejak pandemi, VFS memberlakukan sejumlah penyesuaian. Penyesuaiannya antara lain jadwal buka kantor VFS yang tidak lagi tiap hari tapi menjadi tiga kali seminggu, pembebanan biaya logistik, biaya retribusi covid dan Ongkos pos. Paspor sekarang akan dikirimkan melalui kantor pos. Tidak perlu datang kembali untuk mengambil paspor.

Kedutaan US di Jakarta, baru melayani kembali wawancara permohonan visa sejak Maret 2021 dan antrian wawancara infonya sudah full hingga September 2021. Untuk mau mengajukan permohonan visa US disini. Jadi yang mau mencoba mengajukan sudah bisa namun tetap konsekuensi perjalanan di masa pandemi dengan banyak prosedur yang terjadi seperti karantina di negara tujuan, PCR tes yang negatif diambil dalam 72 jam dan kembali karantina saat kembali dari liburan.

Perpanjang Visa Turis Pakistan Lebih Baik Offline dari pada Online

Kalau mau perpanjang visa Pakistan ternyata lebih mudah cara ini. Perpanjang Visa Turis Pakistan Lebih Baik Offline dari pada Online.

Perpanjang Visa Turis Pakistan Lebih Baik Offline

Sebelumnya saya sudah pernah tulis artikel mengenai Perpanjang E Visa Pakistan bisa Lebih Mudah dengan Online. Berdasarkan pengalaman setelah mencoba perpanjang dengan mendaftar online ternyata pihak Nadra yang punya wewenang membalas pengajuan perpanjang visa di Pakistan kurang responsif. Entah kenapa setelah seminggu mendaftar, Nadra baru merespon permohonan visa kita. Kita di minta untuk melengkapi dokumen. Tapi setelah dibalas, pihak Nadra tidak lagi memberikan jawaban.

Karena periode masa berlaku sudah mau habis, akhirnya pergilah ke kantor Nadra di Islamabad untuk datang langsung saja. Kantor Nadra di Blue Area Islamabad. Biaya perpanjangan kurang lebih Rp 700,000. Visa hanya boleh di perpanjang sekali.

Baca juga : Aturan Legalisir Dokumen di Kedutaan Malaysia di Masa Pandemi

Pengurusan visa Pakistan dengan berbagai kategori bisa di lakukan secara online. Kita tinggal pilih sesuai kebutuhan. Masa berlaku visa mulai dari 30 hari hingga 3 bulan sesuai kebutuhan. Proses visa sendiri, paling cepat 3 hari, biasanya untuk Visa on Arrival. Visa on Arrival yang berlaku 30 hari.

Karena pengurusan visa di lakukan secara online maka semua dokumen perlu di scan dan di kirimkan melalui website saat pengisian formulir secara online.

Syarat umum untuk pengajuan visa Pakistan secara online

  1. Paspor
  2. Pasfoto 4 x 6 satu lembar dengan latar belakang putih
  3. Booking hotel / surat undangan
  4. KTP
  5. KK
  6. ID card pengundang jika dengan surat undangan

Hal tambahan lain tergantung kategori visa yang akan di ajukan. Tidak ada wawancara, jadi tunggu saja balasan dari kedutaan Pakistan di Jakarta jika sudah pernah mendaftarkan secara online.

Visa pakistan berbentuk elektronik visa, jadi bisa di print dan di bawa dengan paspor saat berangkat ke Pakistan. Tidak akan di tempel di paspor. Setibanya di bandara Pakistan, tinggal di tunjukkan saja dan akan di cap paspornya

Aturan Legalisir Dokumen di Kedutaan Malaysia di Masa Pandemi

Kalau mau legalisir dokumen di Kedutaan Malaysia saat ini, ada aturan tambahan. Aturan Legalisir Dokumen di Kedutaan Malaysia di Masa Pandemi.

Aturan Legalisir Dokumen di Kedutaan Malaysia

Syarat untuk legalisir Dokumen di Kedutaan Malaysia :

  1. Dokumen yang akan di legalisir ( terlebih dahulu dokumen tersebut sudah di legalisir di kemenkumham dan Kemenlu. Kalau buku nikah, berarti harus ke kemenag sebelum ke kemenkumham dan Kemenlu )
  2. Copy identitas ( KTP )
  3. Surat kuasa jika di wakilkan
  4. Hasil tes Anti gen ( berlaku maks 7 hari )
  5. Biaya legalisasi

Apakah perlu membuat appointment untuk datang ? Sebelum datang perlu email dulu ke kedutaan dan akan diberikan tanggal dan waktu untuk datang.

Alamat kedutaan Malaysia di Jakarta :

Jl. H. R. Rasuna Said Kav.X / 6 No.1-3 RT.7/RW.4 Kuningan, RT.7/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, 12950.

Halte busway terdekat adalah halte busway departemen kesehatan. Bisa naik busway 6H lebak bulus – senen ataupun 6A / 6 Ragunan – Monas. Kalau dari Blok M, maka menggunakan jurusan blok M – Manggarai

Baca juga : Perlukah Membuat Janji Legalisir Dokumen di Kedutaan Taiwan ?

Seperti juga Indonesia, untuk perjalanan masuk ke Malaysia bagi WNA, hanya bisa mengajukan permohonan dari imigrasi di Malaysia. Warga negara Indonesia tidak memerlukan visa masuk ke Malaysia hingga 30 hari sebelum pandemi, namun sejak pandemi perubahan terjadi dimana – mana.

Wisata menarik di Malaysia :

  1. Petronas
  2. Aquaria KLCC
  3. Kuala Lampur Tower
  4. Bukit Bintang
  5. Sultan Abdul Samad
  6. Sunway Lagoon
  7. Lost world of Tambun
  8. Legoland
  9. Red Square Malaka
  10. Jonker street

Untuk pergi ke luar negeri saat ini perlu memikirkan tentang karantina. Karantina baik di negara tujuan maupun di negara sendiri menggunakan biaya sendiri.

Kalau di Malaysia juga menerapkan hal yang sama, bila memang tujuan ke luar negeri adalah hal yang urgent, tentu tidak masalah dan harus di lewati. Kalau kunjungan sementara artinya masa kunjungan akan terpotong untuk karantina dan otomatis kalau hanya sebentar akan rugi pergi ke luar negeri. Tahun ini sudah ada program vaksin meskipun belum semua, semoga akan lebih baik dalam hal pertimbangan membuka pintu kembali untuk WNA.