Alat musik Kolintang supaya menarik perhatian kaum muda

Saya menghadiri pertunjukan musik kolintang dari beberapa kelas musik di sebuah mall di Jakarta. Yang saya perhatikan pemainnya adalah para senior yang masih bersemangat untuk memainkan alat musik Kolintang tersebut. Mereka membaca partitur dari beberapa lagi yang dimainkan.

Di Jakarta ada beberapa sekolah musik dan ada juga beberapa sekolah umum yang memasukan alat musik kolintang sebagai ekstra kurikuler. Ada beberapa pertunjukan sekolah yang di mainkan oleh kaum muda untuk musik kolintang ini. Apakah minat mereka akan musik kolintang nantinya terus tumbuh ? Itu tergantung kepada orang per orang. Belajar mengenal budaya dengan memainkan alat musik tradisional diharapkan tidak hilang. Akan sangat baik jika bisa terus di tularkan kepada generasi muda berikutnya.

Musik Kolintang adalah salah satu musik tradisional dari daerah Minahasa yang cukup terkenal. Sekilas kolintang seperti yang lain juga kalau punya hal negatif maka langsung di buang

Menurut sejarahnya, Di zaman dahulu musik kolintang di gunakan untuk perayaan upacara adat untuk para leluhur.

Cara memainkan musik Kolintang dengan cara di pukul menggunakan stick khusus dan agar suaranya bagus dan menghasilkan nada yang pas maka ujung sticknya di tambahkan bantalan busa atau lap kecil. Alat musik kolintang mempunyai accord sendiri yang di pukul bersamaan.

Alat Musik Kolintang yang mulai kurang di minati kaum muda

Lagu yang diajarkan untuk kaum muda saat ini tidak hanya lagu tradisional namun juga memasukan lagu-lagu barat yang sedang populer saat ini untuk di mainkan oleh grup musik kolintang, dengan diajarkan lagu popular modern ini diharapkan bisa menarik perhatian teman muda lainnya untuk belajar kolintang.

Music show Kolintang

Pada saat ini fungsi alat musik kolintang lebih bevariasi dan ditujukkan untuk mengiringi orkesta, dimainkan untuk pengiring lagu pertunjukan musik dan pengiring tarian. Kayu yang digunakan biasanya kayu khusus dan agak ringan.

Dengan memperkenalkan musik kolintang pada generasi muda diharapkan alat musik daerah ini akan bisa berkembang apalagi bisa pentas ke luar negeri. Sehingga bisa memperkenalkan budaya Indonesia.

Be the first to comment on "Alat musik Kolintang supaya menarik perhatian kaum muda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp