Bagaimana Mengurus CNI ke Kedutaan China di Jakarta ?

Untuk yang hendak menikah dengan WNA asal China di Indonesia, perlu simak ini. Bagaimana Mengurus CNI ke Kedutaan China di Jakarta ?

Bagaimana Mengurus CNI ke Kedutaan China

Apa itu CNI ( certificate of No Impediment ) ?

adalah surat ijin yang di keluarkan oleh kantor kedutaan asing yang menyatakan tidak ada halangan untuk menikah ( bebas menikah ).

Sebelumnya pihak WNA harus mengurus surat single tersebut di negaranya dan dilegalisir di kemenlu negaranya. Kemudian surat rekomendasi tersebut di bawa ke kedutaan tempat dimana akan melangsungkan pernikahan.

Syarat untuk mengajukan CNI :

  1. Mengisi form aplikasi notarial dari kedutaan
  2. Paspor WNA dan copynya
  3. KITAS / KITAP WNA
  4. Surat single dari negara WNA yang sudah di legalisir
  5. Surat cerai ( jika sudah pernah ), asli dan foto copy
  6. KTP WNI dan copynya
  7. surat single WNI ( copy dan asli )

Untuk dokumen WNI tidak perlu di legalisir dahulu di kementrian karena dokumen tersebut akan digunakan di Indonesia. Namun saat sudah menikah maka yang dilegalisir di kementrian adalah buku nikah asli suami dan istri dan kemudian dilegalisir di kedutaan negara asal suami.

Tujuannya saat berkunjung ke luar negeri baik hanya untuk sementara atau seterusnya, misal karena ikut suami ke negara asal maka salah satu syarat permohonan visa untuk keluarga adalah buku nikah

Syarat legalisir di Kementrian Agama, harus menyertakan copy CNI dan surat mualaf beserta buku nikah dan copy buku nikah yang sudah di legalisir oleh KUA setempat.

Baca : Pengalaman Legalisir Kartu Keluarga di Kedutaan Taiwan

Alamat Kedutaan China

Jl. Mega Kuningan No.2, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, 12950.

Kedutaan ini berlokasi di seberang Mall Ambassador dekat Pos Polisi. Yang hendak mengurus dokumen tidak bisa masuk, hanya satpam saja di balik pagar yang akan menyampaikan keperluannya ke dalam. Untuk lebih praktisnya kalau bisa sudah buat janji dulu sehingga lebih mudah. Bagaimana membuat janji ? Sebelum datang ke kedutaan terlebih dahulu kirim email. Setelah ada balasan maka datang sesuai janjinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *