Bahayanya Membawa Powerbank ke dalam pesawat

Perangkat Powerbank

Bahayanya Membawa Powerbank ke dalam pesawat

Pada akhir Feb 2018, terjadi ledakan akibat power bank yang di gunakan di pesawat China Southern saat sedang terbang. Hal tersebut menjadi resiko bahayanya membawa powerbank ke dalam pesawat.

Melihat peristiwa di atas maka kemudian pihak maskapai menerapkan sejumlah aturan ketat tentang powerbank yang akan di bawa ke pesawat.

Ketentuan membawa Powerbank dalam pesawat

Ketentuannya sudah di atur yaitu kapasitas berapa yang aman di bawa dan apa boleh mengisi daya saat penerbangan ? itu sangat penting di tanyakan.

Salah satu ketentuannya, Peralatan powerbank yang boleh di bawa tidak boleh melebihi 160 WH ( Watt Hour ) dan hanya di bolehkan di bawa ke dalam kabin, bukan dengan bagasi terdaftar. Bisa di lihat informasi ketentuan disini

Di bandara Soekarno Hatta, sudah mengeluarkan aturan mengenai powerbank ini berdasarkan pada IATA (International Air Transport Association)

Powerbank biasanya digunakan untuk mengisi daya handphone di manapun saat mulai lowbat atau habis. Jika sedang berada di ruangan terbuka dan tidak memungkinkan untuk membawa charger HP maka alternatif adalah menggunakan powerbank.

Saat ini baterai lithium yang digunakan di dalam powerbank bisa mdeledak jika terkena panas. Selain itu powerbank yang bukan kualitas bagus juga khawatirnya mengabaikan tingkat kemanan.

Maskapai sekarang ini sudah menyediakan banyak slot USB di bangku pesawat untuk mengisi daya sehingga tidak perlu lagi menggunakan powerbank.

Bagi kalian yang rencana ingin membawa powerbank saat travelling menggunakan pesawat di sarankan untuk mempertimbangkan baik-baik.

Bacalah segala ketentuan secara detail tentang hal ini sebelum para traveller hendak berpergian. Keselamatan adalah nomor satu. Karena hal yang di kira sepele bisa jadi berakibat fatal bagi keselamatan banyak penumpang.

Perangkat Powerbank

Jika ada penumpang yang membawa lebih dari aturan yang di tetapkan untuk powerbank maka penumpang wajib melaporkan. Pengalaman di atas adalah contoh bagi kita untuk mentaati segala peraturan yang ada.

Setelah mengetahui hal tersebut diatas diharapkan kita semua bisa saling mengingatkan dengan penumpang lain tentang hal yang bisa membahayakan

Be the first to comment on "Bahayanya Membawa Powerbank ke dalam pesawat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp