Bijak mengatur keuangan dan menentukan destinasi saat traveling

Bijak mengatur keuangan dan destinasi saat travelling

Setiap tujuan perjalanan mempunyai budget yang berbeda. Berbeda gaya travelling, berbeda pengeluaran dan berbeda tempat yang ingin dituju. Yuk bijak mengatur keuangan dan menentukan destinasi saat traveling

Bagaimana jika perjalanan solo travelling ?. Semua keputusan ada di dalam diri kita. Untuk pergi dengan grup atau rombongan. Keputusan di musyawarahkan terlebih dahulu.

Perlu kedisiplinan dalam mengatur budget travelling. Kapan menyimpan dan menghitung budget travelling ? saat hendak berangkat atau sambil jalan saat sudah di tempat tujuan ? Semua tergantung kesiapan dana masing-masing.

Berdasarkan pengalaman saya, Budget ditentukan sejak memutuskan membeli tiket pesawat. Saya akan berhitung bahwa anggaran

Tentukan dulu tujuan travelling untuk apa. Dengan siapa pergi travelling. Kemana hendak pergi. Perlukah mendatangi semua objek wisata ? Berapa anggaran belanja oleh-oleh selain uang saku selama perjalanan ?

Bijak mengatur keuangan dan menentukan destinasi saat traveling

Pos pengeluaran yang bisa di atur dan di kontrol

Menentukan budget travelling berawal dari mencari tiket pesawat murah. Diskon tiket pesawat saat ini marak di lakukan oleh beberapa maskapai penerbangan. Hal ini menguntungkan bagi sebagian orang. Banyak orang butuh liburan dan saat ini banyak kesempatan mendapatkan tiket murah untuk memangkas biaya travelling. Sebenarnya travelling tidak perlu mahal jika bisa mensiasati.

Bijak mengatur keuangan saat travelling yang bisa dilakukan berikutnya. Menentukan objek wisata mana yang ingin di tuju tergantung dengan siapa kita pergi. Jika dengan keluarga berarti harus mendahulukan kebutuhan keluarga. Ramah untuk orang tua atau ramah untuk anak.

Buat yang budget traveller, Objek wisata tidak selalu berbayar. Ada juga yang gratis. Contoh taman kota, hutan kota, alun-alun. Kalau di Singapore bisa ikut free city tour. Free city tour bisa daftar di bandara Singapore dan masih banyak lagi.

Bijak mengatur keuangan saat travelling, untuk biaya transportasi keliling kota. Bisa menggunakan transportasi umum. Bisa dengan kereta, MRT, busway dan lain-lain.

Untuk bisa mengatur harus berlatih dan biasakan mencatat pengeluaran sehingga bisa di kontrol, pos pengeluran terbesar di bagian mana. Jika hal tersebut sudah dilakukan, pengeluaran yang tidak perlu bisa di minimalisir.

Kalau memang perlu menarik ATM saat di tempat wisata, usahakan cukup sekali. Diusahakan tidak menggunakan kartu kredit tapi membayar dengan tunai. Menggunakan kartu kredit saat keadaan mendesak saja.

Be the first to comment on "Bijak mengatur keuangan dan menentukan destinasi saat traveling"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp