Kriteria Mengajukan Visa Sosial ke Malaysia Saat Ini

Malaysia baru saja membuka kembali negaranya untuk WNA setelah pandemi selama 2 tahun. Kriteria Mengajukan Visa Sosial ke Malaysia Saat Ini.

Kriteria Mengajukan Visa Sosial ke Malaysia

WNI kembali bisa mengunjungi Malaysia bebas visa 30 hari, selama sudah full vaksin sejak 1 April 2022. Sedangkan untuk visa sosial yang berlaku hingga maks 3 bulan, ada beberapa kriteria yang bisa menggunakannya.

Apa saja syaratnya ?

  1. Mengisi form
  2. Pasfoto
  3. Paspor asli dan foto copy
  4. KTP
  5. Surat keterangan tujuan permohonan

Tujuan permohonan biasanya untuk keadaan khusus seperti mendampingi anak, pasangan WNA Malaysia, berobat, kursus, seminar, bisnis.

Banyak yang bertanya apakah bisa tinggal 3 bulan tapi hanya punya kerabat jauh seperti paman / bibi ? yang di berikan ijin adalah yang sesuai kriteria di atas. Yang hubungan keluarga inti, bisa di buktikan dengan akta lahir, KK misalnya.

Jika ingin bekerja di Malaysia juga harus punya surat kontrak kerja dahulu dan baru mengurus visa. Bukan untuk sebaliknya, datang dulu ke sana untuk mencari kerja.

Jika hendak bekerja maka harus dengan visa bekerja dan bukan sebagai pelancong. Jika di bantu uruskan oleh pihak majikan, lebih baik tanya langsung prosedurnya karena saya tidak mengetahui hal tersebut.

Pengajuan visa harus dengan appointment yang di buat terlebih dahulu. Jika sudah mendapatkan tanggal appointment lalu datang ke kedutaan.

Lama proses biasanya dalam waktu 3 – 5 hari kerja. Untuk pengambilan, bawa saja resi pembayaran visa. Biasanya di infokan kapan selesai dan visa bisa di ambil. Datanglah pada hari yang sudah di infokan sebelumnya. Pengambilan bisa di wakilkan

Yang pastinya kita harus sudah di vaksin lengkap saat mau ke Malaysia, mengenai peraturan perjalanan lainnya bisa di cek atau di tanyakan langsung ke kedutaan saat wawancara.

Kriteria Mengajukan Visa Sosial ke Malaysia Saat Ini

Baca juga : Pengalaman Mengurus Paspor di Aplikasi Paspor yang Baru

Malaysia adalah negara serumpun yang bahasanya mempunya kemiripan dengan bahasa Indonesia karena memang akarnya adalah bahasa Melayu. Penerbangan sudah mulai banyak yang dibuka sehingga mulai kembali mudah untuk travelling.

Be the first to comment on "Kriteria Mengajukan Visa Sosial ke Malaysia Saat Ini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Translate ยป
error: Content is protected !!
Message Us on WhatsApp