Masih ada Salju bulan Maret di Gulmarg, Kashmir India

Masih ada Salju bulan Maret di Gulmarg, Kashmir India

Mungkin bagi kita yang tinggal di negara tropis, merasakan salju seperti mimpi. Pingin guling2an dan membenamkan kaki di salju. Pokoknya bermain-main dengan salju sepuasnya. Masih ada Salju bulan Maret di Gulmarg, Kashmir India

Saya pernah mendengar lama bahwa Kashmir adalah tempat terdekat untuk explore bermain salju. Biaya pergi ke India pun tidak semahal pergi ke Jepang untuk melihat winter dari dekat.

Bulan Maret lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Kashmir. Ada tiga tempat bermain salju di Kashmir yaitu. Gulmarg, Pahalgam dan Sonamarg.

Masih ada Salju bulan Maret di Gulmarg, Kashmir India
Gulmarg
Suasana di gulmarg

Bulan Maret masih ada salju namun tidak terlalu dingin. saya dengar di bulan Januari dan Februari, suhu bisa minus. Saat saya datang ke Gulmarg. Salju masih tebal tapi lama-lama tidak terlalu dingin.

Masih ada Salju bulan Maret : Aktivitas di Gulmarg, India

Banyak wisatawan melakukan olahraga ski ataupun meluncur di es dengan di dorong dengan kereta kayu buatan. Untuk menggunakan jasa di dorong di salju dengan kereta yang ditarik guide di Gulmarg. Per orang seharga 450 rupee dan belum termasuk helper.

Menurut saya kita tidak perlu helper karena ini ditarik sendiri sama orang lokal. satu kereta kayu di tarik oleh satu orang. Durasi kurang lebih dua jam. karena beberapa kali berhenti, foto-foto dan main-main salju.

Kashmir adalah kota kecil yang bersahaja, 95 % penduduk memeluk agama islam. Penduduknya ramah. Kami menyewa kendaraan selama berada di Kashmir. Di jemput di hotel dan kemudian menuju Gulmarg. Berangkat jam 8.30 pagi. Yang menarik dari Kashmir memang spot saljunya. Kashmir berada di sebelah barat Pegunungan Himalaya.

Travelling ke Kashmir akan lebih hemat jika berkelompok sehingga bisa lebih hemat untuk share cost biaya mobil sewaan. Yang harus di perhatikan selama di Gulmarg juga pakaian dingin. Meski tidak begitu dingin tapi tetap jaket tebal akan lebih berguna dan juga sarung tangan.

Kita akan di minta untuk menyewa sepatu boot supaya sepatu kita tidak basah. Jangan lupa bawa kaus kaki ganti jika kaus kaki terkena basah. Untuk menyewa boot, seharga 100 Rupee.

Untuk Papan Luncur, mereka akan menginformasikan harga tapi bisa juga kok nego. Tinggal pintar kita saja untuk menawar.

Jangan lupa memberikan tip untuk pemandu kuda atau pemandu papan luncur. Karena mereka juga semacam tour guide yang menjelaskan mengenai tempat di sana.

Be the first to comment on "Masih ada Salju bulan Maret di Gulmarg, Kashmir India"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp