Negara Eropa Bukan Schengen Area, Mana Saja sih ?

Negara – negara di Uni Eropa ternyata tidak semua masuk wilayah Schengen. Yuk mengenal Negara – negara tersebut. Negara Eropa Bukan Schengen Area, Mana Saja sih ?

Negara Eropa Bukan Schengen Area

Mungkin ada yang menganggap bahwa semua Negara di Uni Eropa pasti otomatis wilayah Schengen. Ternyata tidak. Negara anggota Uni Eropa yang tidak masuk ke dalam wilayah Schengen itu adalah Rumania, Cyprus, Bulgaria, Kroasia. Untuk yang suka travelling, maka yang ingin berkunjung ke negara Non Schengen, harus mengajukan visa sendiri di kedutaan negara yang di tuju di Jakarta.

Untuk pengajuan Visa Rumania di Jakarta dialihkan ke kedutaan Rumania di Kuala Lumpur pada masa pandemi. Namun hingga saat ini, visa turis masih belum dibuka. Situasi ini sama dengan negara Uni Eropa lainnya yang hanya membolehkan orang asing masuk ke negaranya untuk kategori visa tertentu.

Negara yang masuk Wilayah Schengen ada 22 Negara di Uni Eropa dan 4 Negara Non Anggota Uni Eropa

  1. Norwegia
  2. Swiss
  3. Islandia
  4. Liechtenstein
  5. Belanda
  6. Jerman
  7. Yunani
  8. Italia
  9. Perancis
  10. Latvia
  11. Hungaria
  12. Austria
  13. Rep Ceko
  14. Estonia
  15. Finlandia
  16. Luxemburg
  17. Portugal
  18. Slovakia
  19. Slovenia
  20. Spanyol
  21. Lithuania
  22. Polandia
  23. Denmark
  24. Swedia
  25. Malta
  26. Belgia
Negara Eropa Bukan  Schengen Area, Mana Saja sih ?

4 Negara Non Anggota Uni Eropa yaitu: Swiss, Islandia, Norwegia dan Liechtenstein namun mereka menandatangani kesepakatan perjanjian Schengen.

Tujuan perjanjian Schengen adalah untuk menghilangkan atau menghapuskan pengawasan perbatasan negara.

Baca juga : Jadwal Legalisir Dokumen di Kedutaan Norwegia di Jakarta

Untuk pengajuan visa di wilayah Schengen otomatis dengan hanya punya satu visa schengen bisa menjelajah 26 negara wilayah Schengen.

Sedangkan untuk negara – negara yang tergabung dalam wilayah schengen, membolehkan warga negaranya, yang punya permanent residence, pasangan ( suami /istri ) yang menikah dengan Warga negara Uni Eropa melewati batas negara selama di wilayah schengen tanpa pemeriksaan.

Saat ini Visa schengen hanya dibuka untuk kategori tertentu saat pandemi. Turis masih belum dibolehkan masuk. Saya pernah punya kesempatan mengunjungi 4 negara untuk dua minggu. Kalau punya kesempatan lagi ingin sekali menjelajah ke lebih banyak negara di wilayah schengen

Untuk mengajukan aplikasi visa schengen bisa ke VFS Global di Kuningan dan ada sebagian yang masih bisa ke kedutaan.

Be the first to comment on "Negara Eropa Bukan Schengen Area, Mana Saja sih ?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp