Negara Mana yang Sudah Buka untuk Kunjungan Turis di masa Pandemi ?

Tepat setahun masa pandemi dimana hampir semua negara menerapkan lockdown untuk turis asing. Negara Mana yang Sudah Buka untuk Kunjungan Turis di masa Pandemi ?

Negara Mana yang Sudah Buka untuk Kunjungan Turis

Daftar Negara saat ini yang sudah bisa kunjungan Turis

  1. Turki
  2. UAE ( Dubai )
  3. UK
  4. Pakistan
  5. Bangladesh
  6. Oman
  7. United States
  8. Thailand
  9. Maroko
  10. Serbia
Negara Mana yang Sudah Buka untuk Kunjungan Turis di masa Pandemi ?
Kedutaan Thailand Jakarta

Baca juga : Perpanjang Visa Turis Pakistan Lebih Baik Offline dari pada Online

Daftar di atas untuk kunjungan turis biasa. Sedangkan kalau di Eropa short visit visa tipe C untuk khusus Long Distance Relationship Visa dan kunjungan jika punya keluarga WNA. Salah satu syaratnya harus punya undangan dari WNA di negaranya dan surat pernyataan tentang hubungannya minimal sudah berlangsung 3 bulan.

Untuk negara-negara di atas, Serbia dan Maroko adalah negara bebas visa bagi paspor Indonesia selama 30 hari. Jadi tinggal beli tiket penerbangan saja dan langsung bisa berangkat. Mengenai peraturan karantina disana bisa cek dan hubungi kedutaan masing-masing.

Sedangkan Turki dan Pakistan menggunakan E Visa, jadi visa tidak di tempel di paspor tapi di print. Negara yang lain tetap mengajukan visa. Proses visa tergantung masing-masing kedutaan. Rata-rata pengurusan permohonan visa bisa mengisi form secara online dan datang ke kedutaan atau VFS global hanya rekam biometrik saja.

Sejak pandemi, VFS memberlakukan sejumlah penyesuaian. Penyesuaiannya antara lain jadwal buka kantor VFS yang tidak lagi tiap hari tapi menjadi tiga kali seminggu, pembebanan biaya logistik, biaya retribusi covid dan Ongkos pos. Paspor sekarang akan dikirimkan melalui kantor pos. Tidak perlu datang kembali untuk mengambil paspor.

Kedutaan US di Jakarta, baru melayani kembali wawancara permohonan visa sejak Maret 2021 dan antrian wawancara infonya sudah full hingga September 2021. Untuk mau mengajukan permohonan visa US disini. Jadi yang mau mencoba mengajukan sudah bisa namun tetap konsekuensi perjalanan di masa pandemi dengan banyak prosedur yang terjadi seperti karantina di negara tujuan, PCR tes yang negatif diambil dalam 72 jam dan kembali karantina saat kembali dari liburan.

Be the first to comment on "Negara Mana yang Sudah Buka untuk Kunjungan Turis di masa Pandemi ?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!
Message Us on WhatsApp