Pengalaman Ikut Pelatihan Online Kartu Prakerja dan Tipsnya

Setelah akhirnya lolos kartu prakerja. Saya mau share bagaimana mengikuti pelatihan online hingga selesai. Pengalaman Ikut Pelatihan Online Kartu Prakerja dan Tipsnya.

Pengalaman Ikut Pelatihan Online Kartu Prakerja

Biasanya saat lolos kartu prakerja, kita di konfirmasi lewat email dan sms. Setelah log in di kartu prakerja ada panduan yang harus kita dengarkan dan ikuti supaya tidak sesat di jalan. Namun saat pelaksanaannya setelah mencoba sendiri, masih aja ada yang bingung mesti gimana.

Apa sih yang mesti disapin supaya kita bisa ikut pelatihan ?

  1. Kuota internet yang stabil. Sehingga bisa mengikuti pelatihan tanpa terhalang koneksi yang buruk. Pelatihannya minimal 2 jam dan ada pre test dan post test juga. Lebih enak sih menggunakan laptop atau dari PC. Bagi saya menggunakan ponsel terlalu kecil untuk mendengarkan pelatihan berjam-jam.
  2. Siapkan buku catatan kecil. Meskipun ada modul yang bisa di download gratis setelah pelatihan, namun ada tes yang harus di ikuti. Nah ini sebelum download modul tadi.

Okey, kalau sudah siap. Pilihlah pelatihan yang di rasa cocok. Kita diberikan anggaran 1 Juta untuk mengikuti pelatihan. Harga pelatihan online minimal mulai dari Rp 150,000.

Ikutilah langkah-langkahnya. Kita harus menyelesaikan satu persatu pelatihan online ini. Jika sudah selesai satu pelatihan maka kita bisa lanjut membeli pelatihan berikutnya. Jika status pelatihan masih aktif, kita tidak bisa membeli pelatihan yang lain.

Baca juga : Syarat Mengurus Visa Kerja Korea di VFS Global Jakarta

Pengalaman Ikut Pelatihan Online Kartu Prakerja dan Tipsnya

Merubah Status Pelatihan yang Masih aktif

Bagaimana kalau pelatihan sudah selesai tapi status pelatihan masih aktif di dashboard kartu prakerja ?

Ini juga yang saya alami saat pertama kali menyelesaikan pelatihan pertama saya. Ternyata saya harus membuat rating dan menulis pendapat saya tentang pelatihan tersebut tidak hanya sekali. Kita harus membuat rating dua kali. Di website yang menyelenggarakan pelatihan dan kemudian website prakerja.

Pihak penyelenggara pelatihan akan melaporkan sertifikat yang sudah kita dapat ke admin kartu prakerja. Perlu waktu hingga laporan diterima. Setidaknya cek secara berkala email karena kita akan di konfirmasi melalui email jika sudah berhasil terupdate sertifikat di dashboard kartu prakerja dan kita diminta untuk menuliskan rating untuk pelatihan yang sudah selesai.

Beberapa mitra yang menyelenggarakan pelatihan contohnya BakingWorld dan kita bisa membeli melalui tokopedia dan beberapa platform lainnya untuk media pembayarannya.

Be the first to comment on "Pengalaman Ikut Pelatihan Online Kartu Prakerja dan Tipsnya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!
Message Us on WhatsApp