Pengalaman Legalisir Akta Nikah di Kedutaan Amerika Jakarta

Buat yang mau mengurus legalisir dokumen di kedutaan Amerika, yuk simak tulisan ini. Pengalaman Legalisir Akta Nikah di Kedutaan Amerika Jakarta.

Pengalaman Legalisir Akta Nikah

Saya mengurus legalisir di kedutaan Amerika belum lama ini. Sebelum datang ke kedutaan, harus buka dulu website untuk membuat appointment legalisasi dokumen.

Jika sudah menemukan tanggal, jangan lupa di print dan print harus di bawa saat waktunya tiba. Kalau bisa pas kunjungan ke kedutaan Amerika, tidak usah membawa laptop, karena tidak ada tempat penitipan laptop.

Setelah masuk, kita di minta menunggu sampai nomor kita di panggil. Petugasnya orang Indonesia. Langsung keluarkan saja dokumen yang harus di legalisir, copy KTP, paspor, surat kuasa.

Untuk pembayaran legalisasi, dalam bentuk tunai dengan mata uang rupiah atau dengan kartu kredit. Tidak bisa dengan kartu debet. Jadi persiapkan dulu ya sebelum masuk, karena akan repot sekali jika tidak.

Setelah pembayaran selesai, kita di suruh menunggu untuk pengambilan hasil. Waktu tunggu sekitar 15-20 menit di dalam ruangan.

Baca juga : Kemana Mengurus perpanjang SKCK untuk ke Luar Negeri ?

Kalau sudah selesai maka kita di panggil ke loket. Mereka akan cek pengenal kita dan baru di serahkan dokumennya. Mengurus legalisasi dokumen bisa di wakilkan, pendaftaran appointment sebaiknya menggunakan nama di dalam dokumen yang akan di legalisir.

Pengurusan Legalisir Selesai dalam Satu Hari

Jangan lupa bawa surat kuasa bermaterai, salinan tanda pengenal, ktp dan paspor. Pengurusannya selesai satu hari jadi tidak perlu bolak balik ke kedutaan.

Buat yang mau ke kedutaan Amerika menggunakan kendaraan umum, Saya infokan kalau dari lebak bulus bisa naik 6 H, jurusan lebak bulus – Senen. Turun di depan kantor Telkom. Kemudian jalan sekitar 10 menit.

Tunjukan print out ke petugas nanti dia akan cek list yang akan ada appointment hari itu. Untuk pengurusan administratif lain seperti CNI, saya masih belum tahu apakah sudah bisa. Kebetulan saya tidak bertanya.

Saya kira masuk untuk mewakili pengurusan legalisir di kedutaan Amerika akan ribet dan banyak persyaratan. Ternyata yang penting membawa surat janji temu yang sudah di print, membawa dokumen yang akan di legalisir dan membawa uang tunai rupiah jika tidak ada kartu kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *