Pengalaman Melegalisir Dokumen Luar Negeri di Kemenlu

Dokumen luar negeri yang hendak di akui dan di gunakan di Indonesia perlu dilegalisir. Pengalaman Melegalisir Dokumen Luar Negeri di Kemenlu.

Pengalaman Melegalisir Dokumen Luar Negeri

Dokumen yang saya urus legalisirnya kali ini adalah dokumen Notarial certificate. Dibuat di Singapura. Sebelumnya dokumen tersebut harus di legalisir di KBRI setempat terlebih dahulu. Ini juga berlaku bagi yang menikah resmi di Luar negeri.

Jika sudah di legalisir di KBRI, maka proses legalisir pertama adalah ke Kemenlu, kemudian baru legalisir ke Kemenkumham.

Seperti biasa, kita harus mendaftar online dahulu sebelum datang ke Kemenlu. Scan dokumen yang akan di legalisir dan lampirkan saat pendaftaran online.

Jika sudah ada balasan, maka kita di minta membayar Tagihan ke Bank Mandiri. Jika sudah di urus pembayaran, hari berikutnya baru bisa datang ke Kantor Kemenlu

Apa saja yang mesti di bawa saat di Kemenlu ? Bukti pembayaran dan Dokumen yang akan di legalisir.

Pengalaman Melegalisir Dokumen Luar Negeri di Kemenlu

Baca juga : Mengurus CNI di Kedutaan Amerika masih Belum Bisa Selama Pandemi

Harus sabar menunggu hasil legalisir di Kemenlu. Karena buka hanya hari Rabu dan Jumat. Penyerahan dokumen jam 9.00 – 12.00 dan Pengambilan jam 13.30 – 15.30.

Jadi yang sudah menaruh dokumen, siangnya mesti balik lagi tapi selesai satu hari. Jika ada tanggal merah di jadwal legalisir, maka tidak akan ada pengganti hari lain di minggu itu. Kita harus tunggu lagi minggu depan.

Pembayaran melalui bank Mandiri terdekat. Baiknya tunai sehingga bisa dapat bukti pembayaran. Bukti tersebut harus di foto dan di upload kembali ke aplikasi online Kemenlu.

Jika pembayaran sudah terkonfirmasi maka akan dapat email bahwa bukti bayar valid.

Alamat Kemenlu :

Jalan Pejambon No. 6 Jakarta Pusat 10110 DKI Jakarta, Indonesia.

Yang mau naik angkutan umum kesini. Bisa naik busway koridor 2/2A. Jurusan Pulo Gadung. Naik dari halte monas atau Harmoni, turun di halte Senen, nyambung naik busway jurusan Pulogadung – Harmoni. Lewatnya RSPAD Gatot subroto.

Bisa juga naik 6H Lebak Bulus – Senen, turun di halte busway istiqlal dan sambung naik ojek.

Be the first to comment on "Pengalaman Melegalisir Dokumen Luar Negeri di Kemenlu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!
Message Us on WhatsApp