Pengalaman Memperpanjang KITAS Keluarga di Masa Pandemi

Buat yang sedang cari informasi perpanjang KITAS baru-baru ini. Pengalaman Memperpanjang KITAS Keluarga di Masa Pandemi.

Pengalaman Memperpanjang KITAS

Yang sedang saya bagikan pengalaman ini adalah untuk KITAS yang sponsornya suami / istri WNI. Sejak satu bulan sebelumnya saya sudah mengumpulkan dokumen yang diperlukan. Kalau untuk perpanjang KITAS, minimal setidaknya sebulan sebelum masa kadaluarsa habis.

Dokumen yang di perlukan antara lain :

  1. Paspor dan foto copy paspor WNA
  2. Mengisi Formulir Perdim 24
  3. Surat permohonan sponsor
  4. Fotocopy KTP sponsor
  5. KITAS terdahulu
  6. SKTT

Setelah berkas sudah di masukan, maka langkah selanjutnya adalah membayar dari billing yang di berikan. Ada masa berlaku kapan terakhir pembayaran bisa dilakukan.

Mengurus perpanjang KITAS disesuaikan dengan pembuatan KITAS di awal, biasanya di Kanim sesuai domisili.

Saat PPKM, imigrasi buka dari jam 08.00 – 11.00. Saya mengurus untuk biometrik atau foto buat WNA. Jadinya cepat juga, imigrasi sudah email ke kita bahwa KITAS sudah jadi satu hari setelah biometrik jam 4 sore.

Baca juga : Mengajukan Visa Mesir Ketika PPKM, Tetap Antri Loh

Untuk yang sudah menikah lebih dari dua tahun, setelah perpanjang KITAS kedua, bisa naik pengajuan untuk alih status KITAP. Kalau persyaratan KITAP perlu menyertakan SKTT yang baru.

Untuk alih status KITAS ke KITAP, prosesnya bisa makan waktu hingga sebulan atau lebih. Terutama di masa pandemi seperti sekarang.

Dokumen selalu harus di simpan karena kalau perpanjang setahun sekali kita punya file yang sudah dijadikan satu sehingga tidak sulit membukanya kembali meski sebagian file ada yang dalam bentuk soft copy. Baiknya semua di print dan di simpan dalam satu amplop.

Untuk Kantor imigrasi yang di pilih untuk urus perpanjang adalah kantor imigrasi saat awal pembuatan KITAS. Jadi tidak bisa di Kanim mana saja. Silahkan cek alamat Kanim terdekat di tempat tinggal anda.

Contoh surat permohonan dan Perdim 24 bisa minta ke petugas. Kita bisa ketik ulang formatnya contoh surat permohonan atau mengisi langsung di form yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *