Pengalaman Refund Tiket Emirates Karena Batal Terbang

Pertama kalinya dalam sejarah refund tiket penerbangan Emirates melalui website resmi. Pengalaman Refund Tiket Emirates Karena Batal Terbang.

Pengalaman Refund Tiket Emirates

Sudah menjadi hal lumrah batal terbang untuk pergi ke suatu tempat, entah karena alasan dari diri sendiri atau bisa dikaitkan dengan situasi pandemi yang saat ini terjadi. Jadi situasi saat itu memutuskan batal terbang karena prosedur yang berbelit saat hendak terbang ke Pakistan. Visa sudah di tangan, sudah boarding dan tinggal naik pesawat tapi sebelum masuk pesawat petugas menanyakan berapa lama mau ke Pakistan dan hal lainnya seperti booking hotel/ Undangan.

Singkat cerita, memutuskan tidak jadi terbang saja dan lebih baik refund karena kondisi solo trip dan ada kehawatiran juga mengenai kondisi disana meskipun sebetulnya ada teman yang akan di kunjungi.

Kantor Emirates di Jakarta sudah tutup sejak pandemi, kalau untuk ticketing di bandara Soekarno Hatta, untuk bantu rubah jadwal sih ada. Pembelian tiket saat itu langsung dari website Emirates jadi saya gak bisa juga ngurus ke mana-mana. Bagi yang membeli via traveloka ataupun dari yang lain semacam itu bisa langsung hubungi call center masing-masing.

Jadi yang saya lakukan adalah cari di google bagaimana mendaftarkan refund tiket emirates dan saya juga chat dengan helpdesk via online dari website Emirates.

Pengalaman Refund Tiket Emirates Karena Batal Terbang

Baca juga : Prosedur Legalisir Buku Nikah di Kedutaan India Jakarta

Prosedur Refund

Akhirnya saya isi form secara online untuk refund tiket dan kita akan dapat email otomatis bahwa kita sudah mendaftarakan refund. Yang perlu di isi biasanya kode booking, nama penumpang, tanggal keberangkatan, rute penerbangan, alamat email.

Proses refund maksimal 90 hari. Saat itu agak lama juga saya baru dapat email lagi. Saya juga monitor dengan chat ke Call center. Akhir desember 2020 saya kirim pendaftaran refund. Karena saya membayarkan dengan kartu debet Jenius jadi menurut pihak sana saya perlu menginformasikan, no rekening dan nama pemegang rekening juga beberapa data terkait transfer dari luar negeri.

Pihak emirates awalnya pembayaran saya termasuk pembayaran tunai karena dengan kartu debet. Tapi jika pembayaran melalui kartu kredit mereka bisa kembalikan. Setelah itu jika mereka menyetujui refund maka mereka akan memberitahukan via email nominal uang yang akan di kembalikan.

Periksa kembali jumlah nominal yang mereka sebutkan melalui email. Ini karena di kasus saya, ketika cek pertama kali saya dapat nilai nominal yang tidak sesuai dengan harga tiket yang di beli. Akhirnya saya kirim email kembali bahwa jumlah nominal tidak sesuai.

Mereka kemudian kirimkan jumlah nominal yang sesuai, kemudian menginformasikan akan di transfer ke nomor kartu debet saya.

Dana sudah diterima di pertengahan Maret 2021 sesuai jumlah yang benar. Jika ingin refund, segeralah mendaftarkan atau jika ingin menunda penerbangan dan ingin merubahnya menjadi open tiket. Bisa berlaku hingga 24 bulan ke depan Kalau tidak salah. Silahkan cek kembali ke websitenya.

Oh iya, refund bisa dilakukan tergantung kondisi saat pembelian tiket. Artinya jika membeli tiket dengan harga regular maka bisa refund tapi kalau ada tiket promo maka tiket tidak bisa di refund. Oleh karena itu bacalah baik-baik sebelum membeli tiket

Be the first to comment on "Pengalaman Refund Tiket Emirates Karena Batal Terbang"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp
error: Content is protected !!