Tidak Perlu Ajukan Visa ke Bulgaria dan Bosnia Bagi WNI, Asalkan….

Buat yang hendak menjelajah negara Balkan, baca ini dulu yuk. Tidak perlu Ajukan Visa ke Bulgaria dan Bosnia Bagi WNI, Asalkan….

Tidak Perlu Ajukan Visa ke Bulgaria

Bulgaria dan Bosnia adalah 2 negara di kelompok negara Balkan. Negara Balkan itu mana saja sih ?

  1. Albania
  2. Bulgaria
  3. Bosnia dan Herzegovina
  4. Kroasia
  5. Republik Macedonia
  6. Montenegro
  7. Serbia
  8. Slovenia
  9. Rumania

Jadi Negara diatas tidak masuk dalam kategori negara anggota schengen tapi jika WNI hendak berkunjung ke negara-negara di atas tidak perlu lagi mengajukan visa dengan catatan masa kunjungan hanya selama 30 hari. Jika lebih dari 30 hari pun juga bisa tidak mengajukan visa lagi asalkan punya visa schengen yang masih aktif saat perjalanan ke negara-negara tersebut. Bisa tinggal maksimal 90 hari.

Untuk yang tidak punya visa schengen maka harus mengajukan visa baru ke masing-masing kedutaan negara di atas kategori long stay visa.

Baca juga : Mengajukan Visa D Serbia untuk Penyatuan Keluarga di Kedutaan Jakarta

Kedutaan besar dari negara-negara di atas ada di Indonesia. Namun saat masuk pandemi, semua visa turis ditutup.

Alamat kedutaan Bulgaria di Jakarta

Jl. Imam Bonjol No.34-36, RT.2/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat 10310

Alamat kedutaan Bosnia

Jl. HR Rasuna Said Kav 1 Guntur Setiabudi Jakarta Selatan DKI Jakarta, RW.6, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12950

Saran Perjalanan di Masa Pandemi

Jika memang hanya perlu ke negara Balkan saja dan tidak berencana ke negara lain dan tidak punya visa schengen, maka harus apply visa ke kedutaan negara yang di tuju. untuk Bosnia, layanan konsular hanya di hari Senin dan Rabu.

Jika ingin mengetahu syarat mengajukan visa ke Bosnia, saya sudah pernah menulis di artikel lain disini. Alternatif lain kita tinggal datang ke menara Imperium. Di meja resepsionis ada lembaran syarat pengajuan visa Bosnia.

Untuk berpergian ke Luar negeri, masih banyak negara-negara yang menutup bordernya dan hanya melayani layanan konsular untuk beberapa visa kategori. Indonesia pun masih belum aman karena kasus covid di tanah air yang sempat tinggi di bulan Juli. Kita pun masih menutup WNA masuk ke negara kita.

Jadi kalau bukan sangat mendesak, lebih baik tidak pergi dulu. Jika harus pergi, kita harus banyak membaa inofrmasi tentang travel restriction di negara tujuan. Peraturan karantina, tes covid19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *