Tips Berbelanja Bijak di Kashmir India bagi Backpacker

Kashmir adalah wilayah bagian India dan berada di sebelah utara. Karena merupakan dari bagian India maka mata uangnya adalah Rupee. Di Kashmir mempunyai toko-toko sederhana yang menjual barang hasil kerajinan tangan masyarakatnya yang bermacam-macam. Contohnya Pashmina, tas, sajadah, kain sari. Banyak yang bagus dan murah. Tips Berbelanja Bijak di Kashmir India bagi Backpacker.

Tips Berbelanja Bijak di Kashmir India bagi Backpacker

Gimana tidak tergoda ya kalau harga dalam kurs mata uang rupiah jadi murah semua. Jadi pingin borong semua karena harga barangnya terjangkau untuk membeli yang cukup bagus.

Semua kembali ke masing-masing individu, Kalau saya harus sudah di anggarkan sebelum sampai tujuan dan tidak lagi tarik ATM terus menerus di tempat wisata untuk menambah belanjaan.

Tips Berbelanja Bijak, Menyiasati Membeli barang hanya yang Perlu

Harus di pikirkan bagaimana membawa barang belanjaan ke dalam koper sampai Jakarta, kecuali memang sudah di persiapkan dari awal. Bisa beli koper baru atau bawa tas lipat.

Jika kelebihan bagasi juga harus di pikirkan untuk membayar sejumlah uang yang sudah di tentukan ke maskapai.

Untuk menghindari konsumtif dan kebablasan, wajib menulis daftar belanja yang diperlukan saat travelling. Bahkan ke negara yang kurs mata uangnya lebih murah. Alasannya simpel, karena untuk menghemat biaya bagasi yang mungkin terjadi. Artinya biaya tak terduga.

Perlu dipikirkan saat hendak memilih barang, apakah memang perlu membeli barang tersebut ?. Apakah tujuannya untuk di pakai sendiri atau untuk di jual lagi ? . Jika untuk di jual lagi tentu sudah di perhitungkan biaya yang harus di keluarkan dan berapa untung yang di dapat.

Karena saat ini lagi trend jastip atau jasa titip. Kalau ingin memilih profesi ini, tentu saja berbelanja di luar negeri untuk menunjang usaha di perbolehkan karena usaha tersebut menghasilkan income. Bisa menutupi biaya perjalanan.

Kalau barang bisa di tawar juga menjadi tambahan nilai supaya dana bisa lebih hemat saat berbelanja.

Tinggalkan kartu ATM dan hanya membawa cash saja saat travelling ke tempat tujuan.

Jangan buru-buru memutuskan untuk membeli barang yang di suka saat baru singgah di satu toko. Bisa jadi ada yang lebih murah di toko lain.

Intinya mengendalikan pengeluaran saat belanja, adalah dari kita sendiri. Jadi yuk bijak menggunakan uang saat travelling.

Be the first to comment on "Tips Berbelanja Bijak di Kashmir India bagi Backpacker"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp