Tips Penting Pengajuan Visa Schengen ke Eropa Secara Mandiri

Tips Penting Pengajuan Visa Schengen ke Eropa Secara Mandiri

Mengurus visa schengen bagi yang belum berpengalaman dan ingin mencoba sendiri membutuhkan pengetahuan memadai supaya pengajuan bisa lolos. Tips Penting Pengajuan Visa Schengen ke Eropa Secara Mandiri

Tips Penting Pengajuan Visa Schengen yang harus Diperhatikan

  1. Pas foto, datanglah ke studio foto yang sudah terbiasa membuat foto untuk visa. Setiap Pengajuan visa di negara tertentu, ukuran foto bisa beda-beda. Biaya foto kurang lebih 50 – 75 ribu.
  2. Mempersiapkan Surat Referensi Bank, Bank mengenakan tarif untuk ini. Tarif biasanya sekitar Rp 150,000 – Rp 250,000.
  3. Untuk Biaya cetak rekening Koran selama 3 bulan terakhir, Bisa ada biayanya tergantung Bank. Rata-rata Rp 2,000/lembar
  4. Bawa Buku Tabungan asli. Jika mengajukan visa di kedutaan Jerman, ini diminta. Di negara Eropa lain, ada juga hanya cukup rekening koran saja
  5. Pengajuan di VFS Global di Kuningan City, punya layanan – layanan lain. Jika ingin menggunakannya ada biaya-biaya yang harus di bayar.
  6. Biaya pembuatan visa dan appointment fee juga harus di persiapkan. Ingat, Jika visa tidak disetujui, biaya ini tidak akan kembali.
  7. Jika visa sudah di setujui, hal yang perlu di periksa seksama adalah pastikan nama, foto, dan tanggal lahir kita sudah benar.

Beda Negara Eropa Beda Aturan untuk Visa

Jangan heran jika tiap negara Eropa ada beberapa peraturan yang berbeda dalam mengajukan visa. Misal memberikan masa berlaku visa. Contoh Italia dan Belanda, Masa berlaku Visa diberikan 6 bulan. Sedangkan di negara Jerman, masa berlaku visa sesuai itinerary atau lama berkunjung.

Untuk membuat surat referensi kerja. Di Italia, dalam surat referensi tidak perlu mencantumkan keterangan gaji tapi wajib memuat jangka waktu lama kerja karyawan.

Untuk Pengajuan visa dari kedutaan Jerman, Surat referensi wajib mencantumkan nominal gaji karyawan.

Baca Juga : Tips Travelling hemat untuk pertama kali ke Eropa Barat

Jika kita ada salah mengisi form dan ingin memperbaiki, di kedutaan Jerman bisa ada layanan print tanpa kena biaya namun konsekuensinya jadi lebih lama.

Be the first to comment on "Tips Penting Pengajuan Visa Schengen ke Eropa Secara Mandiri"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp