Transportasi Umum di Kamboja dari Airport Phnom Penh

Transportasi Umum di Kamboja dari Airport Phnom Penh

Jika mau jalan – jalan ke Kamboja, baiknya baca informasi ini dulu. Tentang transportasi dari bandara ke pusat kota. Transportasi Umum di Kamboja dari Airport Phnom Penh

Dari Bandara Phnom Penh, bisa menggunakan transportasi umum shuttle train. Shuttle train yang tahun lalu masih gratis sekarang sudah berbayar USD 2.50 sekali jalan. Pilihan lain yang paling murah adalah naik city bus no. 3. Tarifnya cuma KHR 1,500. Di Kamboja ada dua mata uang yang digunakan yaitu US dollar & Khmer Riel. Kurs untuk USD 1.00 = KHR 4,000. Artinya naik city bus sekali jalan tarifnya tidak sampai setengah dollar alias ngga sampai IDR 7,000.

Untuk menemukan city bus ini, caranya saat kita keluar terminal, pergilah ke arah pintu keluar parkir mobil yang di terletak di sebelah kanan. Bandara Phnom Penh tidak luas sehingga tidak perlu khawatir jalannya terlalu jauh. Berbeda dengan lapangan parkir mobil di bandara Soekarno-Hatta. 

Dari pintu keluar kita tidak perlu menyeberang jalan, tapi langsung belok kiri sekitar 100 meter sampai ketemu halte bus. Tidak ada tulisan atau petunjuk apa-apa di haltenya. Bus datang setiap 15 atau 20 menit sekali. Begitu naik bus, kita bayar ke kotak yg ada di samping sopir. Bus tidak punya kernet & perlu dicatat bahwa sopir bus tidak bisa kasih kembalian. Jadi pastikan kalau kita punya uang pas KHR 1,500 untuk naik bus.

Baca Juga : Membantu Jasa Pembuatan Visa Turis Untuk Mesir di Jakarta

Kondisi fisik bus di Phnom Penh bagus & bersih. Lebih bagus daripada airport bus dari Don Mueang Airport ke Chatuchak Market di Bangkok. Bis ini lebih mirip bus damri di Jakarta kalau menurut saya. City bus Phnom Penh ini cuma bisa berhenti di halte yang sudah ditentukan.

Transportasi Umum di Kamboja dan alternatif angkutan umum dari Airport

Beberapa pilihan selain yang sudah disebutkan di atas yaitu Airport Express Bus seharga USD 5.00 yang masih cukup mahal buat backpacker hemat. Kalau sampai di sana larut malam dan pergi rombongan minimal berempat bisa pilih naik tuktuk seharga USD 7.00 atau taksi seharga USD 9.00. Lumayan bisa untuk share cost jatuhnya lebih murah

Be the first to comment on "Transportasi Umum di Kamboja dari Airport Phnom Penh"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp