YIA atau JOG, jangan salah Airport jika hendak ke Yogyakarta

Saat ini Yogyakarta mempunyai dua bandara Internasional. Bandara Udara Adi Sucipto ( IATA : JOG ) dan yang terbaru Bandara udara Internasional Yogyakarta ( Yogyakarta Internasional Airport ). Jangan keliru pergi ke bandara sebelum cek tiket. YIA atau JOG, jangan salah Airport jika hendak ke Yogyakarta.

YIA atau JOG, jangan salah Airport dan sekilas tentang sejarah kedua Bandara di Yoyakarta

Bandara Internasional Adi Sucipto adalah bandara yang pertama dibangun di Yogyakarta. Dahulu diberi nama Maguwo sesuai nama desa Maguwoharjo. Bandara ini berjarak 9 KM dari stasiun Yogyakarta.

YIA atau JOG, jangan salah Airport jika hendak ke Yogyakarta

Bandara Internasional Yogyakarta ( YIA ) atau bandara Internasional Kulon Progo di bangun di daerah Kulon Progo. Bandara ini akan membantu bandara Internasional Adi Sucipto yang tidak mampu lagi secara kapasitas untuk penumpang dan pesawat.

Baca juga : Biaya Pengajuan Visa China terbaru di DKI Jakarta

Sebagian orang masih belum familiar dengan YIA sehingga beberapa kejadian ada yang salah pergi ke bandara.

Bagi pemegang tiket pesawat Jogja -Jakarta, mohon untuk cek ricek tiket kembali. Bila tertulis JOG – CGK maka itu penerbangan dari Adisucipto ke Cengkareng airport kalau YIA – CGK artinya terminal Yogyakarta yg baru (di Kulon Progo) ke Cengkareng airport. JOG -YIA, jaraknya hampir 50 km. Bisa fatal kalau keliru pergi ke airport. Bisa – bisa ketinggalan pesawat ya dan harus terburu-buru sampai di bandara yang benar.

Di YIA, Maskapai penerbangan domestik adalah Batik Air dan Citilink. Fasilitas bus bandara DAMRI juga sudah beroperasi. Bus Damri, ada tiga jenis armada yang beroperasi melayani rute Stasiun Wojo, Magelang, Kebumen, dan Yogyakarta.

Bandara YIA masih beroperasi terbatas, belum di buka 24 Jam dan belum di operasikan 100 %. Masih ada proses pembangunan di beberapa bagian. Bandara yang baru di resmikan akhir April 2019 lalu bisa membantu menampung penumpang dan pesawat dari bandara lama Adi Sucipto.

Pembangunan di prediksi hingga september 2019. Bertahap akan di pindahkan sebagian penerbangan dari Bandar Adi sucipto lama ke yang baru.

Be the first to comment on "YIA atau JOG, jangan salah Airport jika hendak ke Yogyakarta"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp