Jenis Visa bagi WNA yang datang ke Indonesia, Apa Saja ?

Beberapa negara memang tidak perlu visa untuk masuk ke Indonesia tapi ada kategori tertentu yang mengharuskan WNA mengajukan visa. Jenis Visa bagi WNA yang datang ke Indonesia, Apa Saja ?

Jenis Visa Online bagi WNA yang datang ke Indonesia

A. Visa Kunjungan satu kali perjalanan ( B211A dan B211B)

B. Visa tinggal terbatas :

a. Tenaga ahli, C312

b. Investor dengan lama tinggal 1 tahun, C313

c. Investor dengan lama tinggal 2 tahun, C314

d. Penyatuan keluarga C317

e. Wisatawan Lansia Mancanegara C319

Jadi dengan hal tersebut diatas, ternyata WNA juga memerlukan visa untuk datang ke Indonesia untuk jangka waktu yang lebih lama dari kunjungan turis.

Untuk mengajukan visa di atas ada syarat yang harus di penuhi dan ada formulir yang harus di isi. Namun sekarang pengisian formulir menjadi lebih sederhana karena bisa dilakukan secara online.

Lebih praktis untuk mengisi formulir online dan melampirkan dokumen yang bisa hanya di scan dan kirim. Pengecualian nanti ada beberapa hal yang harus datang dan perlu diambil ditempat. Sangat membantu terutama di masa pandemi covid19 sekarang.

Jenis Visa bagi WNA yang datang ke Indonesia, Apa Saja ?

Baca juga : VFS Tasheel Jakarta Belum di buka Kembali Selama PSBB

Untuk mengajukan visa di atas, perlu adanya sponsor. Sponsor adalah penjamin masuk ke Indonesia, bisa perorangan, perusahaan atau mungkin pemerintah Indonesia. Saat ini selama masa pandemi covid19. Pemerintah hanya membuka sebagian saja visa untuk bisa masuk ke Indonesia. Yang baru-baru ini di buka adalah visa penyatuan keluarga.

Penyatuan keluarga disini adalah WNI yang menikah dengan WNA dan masih tinggal di Luar negeri. Untuk masuk ke Indonesia, awalnya tidak di ijinkan sejak adanya wabah covid19. Kemudian pemerintah melonggarkan aturan.

Jadi hal pertama yang harus dilakukan setelah menyiapkan dokumen adalah mendaftarkan diri sebagai sponsor di website imigrasi.

Setelah lengkap maka di kirimkan. Kemudian kita akan menerima balasan email atas pendaftaran tersebut. Jika permohonan di setujui, maka akan mendapatkan user id dan mengkonfirmasi pendaftaran. Kemudian, kita akan mendapatkan tagihan untuk biaya visa.

Be the first to comment on "Jenis Visa bagi WNA yang datang ke Indonesia, Apa Saja ?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp