Masa berlaku Paspor penting, Jangan di sepelekan jika ingin traveling lancar

Masa berlaku Paspor, Jangan di sepelekan jika ingin traveling lancar

Paspor punya masa berlaku selama lima tahun sejak di keluarkan. Informasi tersebut ada di halaman pertama paspor. Itu artinya penting untuk diketahui dan periksalah saat hendak travelling ke luar negeri.Masa berlaku Paspor penting, Jangan di sepelekan jika ingin traveling lancar

Paspor adalah dokumen yang di keluarkan yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang di suatu negara yang memuat identitas pemegang paspor untuk melakukan antar negara.

Pemegang e-paspor juga punya aturan sama. E-paspor adalah paspor yang sudah di tanamkan chip yang berisikan biodata pemegang paspor beserta data biometrik. Ini adalah pengembangan dari paspor biasa.

Pemindaian biometrik bisa dengan sidik jari. informasi dengan sidik jari bisa digunakan untuk otentikasi orang di lain waktu

Baca juga : Melayani konsultasi pembuatan Visa Turis dan paspor online

Jika hendak travelling ke luar negeri, pastikan paspor berlaku tidak kurang dari enam bulan. Pertanyaan ini masih sering ditanyakan saat seseorang mau travelling namun berlaku paspor kurang dari enam bulan. Akan lebih aman masih ada tenggang satu tahun sebelum habis.

Masa berlaku Paspor, Jangan di sepelekan jika ingin traveling lancar

Masa berlaku Paspor dan aturan di beberapa negara

Masa enam bulan belum tentu juga berlaku di semua negara. Contoh Australia, memberlakukan minimal masa expire 12 bulan. Untuk Visa schengen dari Belanda, minimal tiga bulan selama masa tinggal di sana.

Untuk negara di ASEAN, tetap paspor berlaku lebih aman minimal masa berlaku 6 bulan saat terbang. Namun ada yang mengatakan bisa kurang dari 6 bulan saat ke Singapura. Untuk berjaga-jaga, lebih baik sesuai ketentuan minimal 6 bulan pada saat berangkat. Ini karena checking pertama paspor adalah di Imigrasi bandara Soekarno – Hatta jika nekad tetap jalan kurang dari 6 bulan maka tidak bisa lanjut. Jika sudah sampai di negeri tujuan, bisa di deportasi karena melanggar aturan.

Saat memesan tiket pesawat seperti di Air Asia kita hanya memasukan data diri tanpa perlu memasukan nomor paspor dan tanggal expired namun meski demikian selalu periksa masa expire paspor. Di website maskapai penerbangan lain ada juga yang mencantumkan expired paspor.

Be the first to comment on "Masa berlaku Paspor penting, Jangan di sepelekan jika ingin traveling lancar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp