Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Vera Gel Synergy

Sejak pandemi Covid19, himbauan untuk mencuci tangan sehabis beraktivitas sangat penting. Tujuannya untuk membunuh virus yang menempel dan mengurangi potensi penyebaran virus. Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Vera Gel Synergy.

Virus Corona adalah virus yang “diselimuti”atau memiliki lapisan membran lipid luar atau lapisan lemak pada bagian luar. Jadi untuk mengaktifkan atau membunuh virusnya dengan melarutkan lemak tersebut antara lain bila ada sabun, kita bisa mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik.

Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Bila tidak ada sabun + air, maka kita bisa menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol 70 %, karena dia bisa melarutkan lapisan lemak tersebut.

Vera gel bisa digunakan dengan cara membuat campuran alkohol 70 % dan vera gel = 3 : 1.

Contoh : untuk membuat 1 liter hand sanitizer, kita butuh alkohol 70 % sebanyak 750 ml dan vera gel 250 ml ( 1 botol ), atau kalau ingin membuat 60 ml cukup alkohol 70 % sebanyak 45 ml dan vera gel 15 ml.

Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Vera Gel Synergy

Baca juga : Social Distancing Covid19 pada Rute Busway dan MRT di Jakarta Saat Ini

Keuntungan hand sanitizer itu ada beberapa hal yaitu :

  • Praktis dibandingkan dengan cuci tangan. bisa di lakukan di mana saja
  • Bekerja cepat membunuh mikroorganisme di tangan
  • Lebih mudah di gunakan tanpa pancuran air
  • Mengurangi iritasi dibandingkan sabun dan air
  • Mengurangi bakteri yang ada di tangan

Hand sanitizer digunakan saat keadaan di mana saja ketika air dan sabun tidak tersedia. Lebih praktis. Berbentuk gel dan mengandung alkohol yang bisa membunuh kuman dan bakteri di tangan.

Meski demikian, hand sanitizer lebih digunakan pada keadaan darurat. Mencuci tangan yang lebih baik adalah dengan menggunakan sabun dan air. Karena hand sanitizer tidak membunuh semua kuman

Hand sanitizer tetap menjadi alternatif pilihan dan bisa memenuhi syarat untuk mencuci tangan. Intinya jangan pernah lupa mencuci tangan setelah beraktifitas atau hendak menyantap makanan meski menggunakan sendok. Melihat saat ini, hal sepele tersebut bisa mengurangi persebaran virus yang terjadi.

Be the first to comment on "Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Vera Gel Synergy"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp