Mulai Kapan Mengajukan Visa di Kedutaan sebelum Keberangkatan ?

Mengajukan visa dengan minim persiapan atau mendadak itu pernah terjadi. Mulai Kapan Mengajukan Visa di Kedutaan sebelum Keberangkatan ?.

Mulai Kapan Mengajukan Visa di Kedutaan ?

Visa single entry atau multi entry membutuhkan persiapan dan dokumen yang lebih banyak dibandingkan E Visa dan ETA ( Electronic Travel authorization ). ETA akan merujuk ke Visa on Arrival.

Visa single entry dan Multi entry, membutuhkan beberapa dokumen yang lebih lengkap di bandingkan dengan E- Visa. Waktu persetujuannya dari kedutaan juga memakan waktu mulai dari seminggu hingga sebulan.

Disarankan kalau hendak mengajukan visa single atau multi entry, maka jangan sekali-kali mepet waktunya dengan waktu keberangkatan. Ini karena kedutaan yang punya wewenang tentang kapan keputusan visa.

Membuat E- Visa lebih sederhana, dokumen yang dilampirkan tidak banyak atau hanya mengisi data sesuai dokumen perjalanan dan rencana perjalanan. Bisa selesai lebih cepat dan bisa di buat secara online.

Untuk ETA atau Electronic Travel Authorization juga bisa dibuat secara online. Dokumen hanya di lampirkan secara online. Hasil jadinya adalah dalam bentuk pemberitahuan melalui email. Pemberitahuan tersebut bisa di print sebagai surat perjalanan yang setibanya di bandara tujuan, bisa di berikan ke imigrasi untuk di buatkan visa on arrival.

Mulai Kapan Mengajukan Visa di Kedutaan sebelum Keberangkatan ?

Baca juga : Dimana Mengurus Akta Perkawinan dan Syaratnya ?

Masa berlaku visa beragam, minimal satu bulan dan bisa hingga lima tahun. Ini tergantung dari wewenang kedutaan dan jenis visa.

Biaya visa juga tergantung jenis visa. Untuk pembuatan visa negara Asia biasanya lebih murah di bandingkan yang lain. Namun ada negara-negara yang bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia.

Sulitkah mengajukan visa ? Jawabannya tidak sulit hanya kita harus bisa melengkapi dokumen yang di syaratkan oleh kedutaan. Selama dokumen lengkap maka visa bisa disetujui. Penentuan berikutnya adalah wawancara, jika ada.

Dimana mengajukan visa ? bisa di kedutaan atau di VFS Global. Pengecualian jika mengajukan secara online. Kita hanya membuka websitenya dan mengisi saja. Tidak perlu datang ke kedutaan atau VFS.

Be the first to comment on "Mulai Kapan Mengajukan Visa di Kedutaan sebelum Keberangkatan ?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


error: Content is protected !!
Message Us on WhatsApp