Prosedur Legalisir di Kemenhukam Masa Pandemi Covid19

Bagi yang hendak legalisir di Kemenhukam, ada perubahan sejak masa pandemi hingga new normal saat ini. Prosedur Legalisir di Kemenhukam Masa Pandemi Covid19

Hari ini saya melanjutkan legalisir buku nikah di Kemenhukam. Saya pergi ke gedung Ciks, No.84-86, Jl. Cikini Raya No.14, RT.10/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330.

Prosedur Legalisir di Kemenhukam

Sebelumnya saya mengisi pendaftaran online melalui aplikasi kemenhukam. Jika sudah dapat balasan email dan di setujui, maka kita akan mendapatkan voucher untuk melakukan pembayaran.

Satu dokumen harganya Rp 50,000. Untuk dua buku nikah maka harus membayar Rp 100,000. Setelah membayar dan menyerahkan bukti pembayaran ke loket, maka petugas meminta kita untuk mengisi nama, alamat dan nomor telepon yang bisa di hubungi.

Sticker legalisir akan di kirim via pos. Waktunya kurang lebih 3-4 hari akan sampai, begitu informasi petugas kepada saya.

Jam buka setiap hari dari jam 08.00 – 15.00. Senin – Jumat. Jangan lupa sudah melakukan pembayaran terlebih dahulu di Bank BNI sebelum datang ke lokasi.

Bank BNI terdekat berada sebelah Mercure hotel. Untuk naik angkutan kesini, sebetulnya ada busway namun karena PSBB jadi belum semua bus beroperasi, hanya bisa dengan kendaraan pribadi atau ojek dan taxi online.

Baca juga : Perubahan Jam Legalisir Kemenag selama Masa Transisi New Normal

Karena hanya menyerahkan bukti bayar dan memberikan nama, alamat untuk pengiriman maka prosesnya relatif cepat. Penyerahan bukti pembayaran hanya di lakukan di meja resepsionis. Tidak ada lagi beberapa petugas yang siap di meja untuk pemanggilan dan pemasangan stiker. Ini berlangsung sejak pandemi covid19 selama 3 bulan terakhir ini. Melakukan social distancing dan physical distancing.

Jika sudah selesai di kemenhukam, maka proses selanjutnya adalah untuk legalisir ke kemenlu.

Saat ini agak sepi untuk mengurus dokumen karena mungkin agak sulit keluar rumah dan masih adanya PSBB. Bagi yang berada di luar wilayah Jakarta, bisa diwakilkan. Jangan lupa sertakan surat kuasa dan foto copy KTP yang pemberi kuasa dan penerima kuasa.

Be the first to comment on "Prosedur Legalisir di Kemenhukam Masa Pandemi Covid19"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp