Syarat Mengurus Visa Nasional Tipe D di Eropa untuk WNI

Visa schengen punya beberapa tipe visa. Untuk Visa tipe D mungkin ada yang belum tahu untuk apa. Syarat Mengurus Visa Nasional Tipe D di Eropa untuk WNI

Visa schengen adalah visa untuk memasuki kawasan negara Eropa. Negara Eropa ada sekitar 26 negara. Jika punya visa schengen maka bisa memasuki negara Eropa yang lain.

Jika visa turis hanya bisa maks 90 hari namun yang mengajukan visa tipe D adalah yang punya keperluan tinggal lebih dari 90 hari.

Visa tipe D membolehkan tinggal di area schengen lebih dari 90 hari. Visa ini paling lama berlaku hingga satu tahun . Permohonan visa tipe D di lakukan di konsulat. Apa saja persiapannya ?

Syarat Mengurus Visa Nasional Tipe D di Eropa

  1. Mengisi Formulir dari website konsulat dan nanti diserahkan secara pribadi setelah membuat janji temu
  2. Janji temu bisa mendaftar secara online melalui sistem.
  3. Melengkapi dokumen, contohnya : paspor yang masih berlaku minimal 6 bln sebelum keberangkatan, Foto berwarna ukuran 3.5 x 4.5 cm ( dibuat tidak lebih dari 6 bulan ), asuransi kesehatan, bukti kecukupan rekening untuk biaya hidup atau bisa dengan data pengundang jika ada, dokumen yang menjelaskan tujuan kunjungan.

Baca juga : Legalisir Dokumen di Kemenlu Pada Masa New Normal Cuma Sehari

Untuk visa nasional tipe D biasanya di peruntukan bagi orang yang punya tujuan belajar, bekerja, atau tinggal secara permanen di salah satu negara schengen.

Syarat Mengurus Visa Nasional Tipe D di Eropa untuk WNI

Visa schengen tipe D nasional ini ada yang single entry atau yang multiple entry. Artinya sama dengan jenis visa pada umumnya, jika single entry maka hanya untuk tujuan tunggal dan kembali ke negaranya. sedangkan multiple entry untuk bisa bebas keluar masuk wilayah schengen berkali-kali.

Bagi yang sudah punya surat kontrak kerja dari perusahaan akan lebih mudah saat akan apply visa.

Pengajuan visa di beberapa negara schengen berpusat di VFS global di Kuningan city. Namun untuk pengajuan visa Nasional bisa langsung di ajukan ke kedutaan dengan janji. Jika ingin mengetahui lebih detail perlu email ke kedutaan.

Pengajuan melalui kedutaan di batasi perharinya. Untuk konsular seperti di kedutaan Polandia, tidak buka setiap hari.

Be the first to comment on "Syarat Mengurus Visa Nasional Tipe D di Eropa untuk WNI"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp