Profesi Penerjemah Bahasa Asing Tersumpah sebagai Peluang Menjanjikan

Bahasa asing sangat penting. Penerjemah tersumpah dan translator bahasa asing masih banyak diperlukan. Profesi Penerjemah Bahasa Asing Tersumpah sebagai Peluang Menjanjikan

Profesi Penerjemah Bahasa Asing

Penerjemah tersumpah ( sworn translator ) adalah orang atau individu yang mempunyai keahlian dalam menghasilkan terjemahan yang telah diangkat sumpah oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak azasi manusia dan terdaftar pada kementrian yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang hukum dan HAM

Namun jika seseorang ingin jadi penerjemah tersumpah atau yang resmi terdaftar, maka harus ikut proses tesnya dahulu.

Saat ini ada Himpunan Penerjemah Indonesia ( HPI ). Dan bisa bergabung di HPI juga dan mengikuti tes profesional.

Profesi Penerjemah Bahasa Asing Tersumpah sebagai Peluang Menjanjikan

Jika sudah mempunyai sertifikasi penerjemah tersumpah maka hasil terjemahannya bisa di pertanggung jawabkan dan biasanya punya pengalaman lebih banyak.

Beda Penerjemah dan interpreter. Kalau penerjemah ( Translator ) adalah menerjemahkan tulisan sedang untuk interpreter adalah untuk menerjemahkan secara lisan.

Penerjemah dokumen biasanya untuk :

  1. Buku berbahasa asing
  2. Dokumen ilmiah
  3. Pengurusan visa, yang harus menerjemahkan akta lahir, Kartu keluarga, KTP dan dokumen lain yang diperlukan

Untuk penerjemah, dalam pengerjaannya bisa menggunakan kamus, glosarium atau mungkin bertanya dengan orang lain untuk terjemahan yang lebih baik.

Kalau interpreter biasanya mendampingi tamu asing, dalam acara rapat, siaran TV, dan sebagainya yang bersifat menerjemahkan secara lisan.

Baca juga : Cara Mengisi Formulir Visa Online Bangladesh dengan Mudah

Untuk yang ingin mengajukan visa di kedutaan, ada beberapa mensyaratkan untuk menerjemahkan ijazah, akta lahir, kartu keluarga, kartu pengenal. Terutama untuk kedutaan Inggris.

Sebenarnya saat ini pengenalan bahasa asing sudah di mulai sejak sekolah dasar. Bagi yang memilih bersekolah swasta sekarang, biasanya dengan bahasa Inggris. Oleh karena itu kalau melihat anak-anak kecil sekarang sudah menggunakan dua bahasa dalam berkomunikasi dengan lingkungannya.

Menjadi nilai tambah jika sudah lancar bahasa inggris sejak kecil maka nantinya punya modal untuk bisa diajarkan bahasa asing lain.

Bahasa internasional lain selain bahasa Inggris adalah bahasa Cina. Banyak juga lembaga bahasa seperti EF, LIA. Goethe untuk bahasa Jerman, Erasmus Huis untuk Bahasa Belanda

Be the first to comment on "Profesi Penerjemah Bahasa Asing Tersumpah sebagai Peluang Menjanjikan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp