Keunikan Tugu Kunstkring Paleis, Galeri dan restoran di Menteng

Pernah mampir ke galeri sekaligus restoran di Tugu Kunstkring Paleis ? Alamat :
di Jalan Teuku Umar No. 1 Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. Namanya berbau nama Belanda ya. Saya mau sharing saat sekali masuk ke dalam dan melihat dari dekat Keunikan Tugu Kunstkring Paleis, Galeri dan restoran di Menteng.

Saat itu saya dan teman akan nonton film Mexico yang di putar di Tugu Kunstkring Paleis. Jika melihat dari luar, bangunannya seperti bangunan lama. Seperti rumah zaman Belanda dahulu. Karena memang di Jakarta ada beberapa bangunan tua yang dibangun sejak Zaman Belanda.

Pintu masuknya ada dua. Yang satu terletak di depan, saat masuk langsung bertemu meja resepsionis dan ada seperti ruang tamu yang di isi barang antik. Guci, Kaca di dinding, sofa dan furniture lama.

Semakin masuk ke dalam akan kelihatan meja makan besar bulat untuk jamuan makan bersama. Cocok untuk yang datang rame-rame dan ada acara keluarga. dan masuk lagi ke lorong dan ada beberapa meja kecil dan ada seperti bar kecil di sudut yang lain.

Tidak lupa ada barang tradisional dan lukisan-lukisan besar tergantung. Cahaya Lampu juga temaram.

Keunikan Tugu Kunstkring Paleis yang lain kalau masuk dari pintu samping, maka akan bertemu meja sudut dan vas bunga. ada tangga menuju ke atas. Tangganya juga sudah kelihatan tua sekali. Gedung ini memang ada dua lantai.

Menurut sejarahnya tugu ini didirikan pada zaman kolonial di 17 April 1914

Keunikan Tugu Kunstkring Paleis, Galeri dan restoran di Menteng
Ruangan dekat tangga

Keunikan Tugu Kunstkring Paleis : Sekilas sejarah Kunstkring Paleis

Tugu Kunstkring Paleis ini berdiri di tengah kawasan elit Menteng yang dahulu pada zamal kolonial, kawasan perumahan kelas menengah ke atas Menteng sebagai proyek pertama real estate Belanda. Pada saat itu namanya Niew Gondangdia.

Gedung yang pertama di bangun adalah gedung tempat di mana sekarang masjid Cut Meutia berdiri ( Dahulu adalah kantor NV De Bouwploeg ). Kemudian dibangunlah Tugu Kunstkring Paleis ( dahulu bernama Bataviasche Kunstkring ) itu.

Restoran di Tugu Kunstkring Paleis menyajikan menu Grand Colonial Rijsttafel. Menunya ekselusif mulai dari 58 ribu rupiah.

Baca juga : Cara Hemat keliling Amsterdam dengan Free walking City tour

Be the first to comment on "Keunikan Tugu Kunstkring Paleis, Galeri dan restoran di Menteng"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Message Us on WhatsApp