Mengajukan Visa Schengen Portugal untuk Liburan Akhir Tahun

Portugal adalah salah satu anggota negara schengen. Mengajukan Visa Schengen Portugal untuk Liburan Akhir Tahun.

Mengajukan Visa Schengen Portugal

Portugal terletak di pinggir laut dekat spanyol dan Perancis. Untuk syarat visa schengen :

  1. Mengisi form visa
  2. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan
  3. Rekening tabungan 3 bulan terakhir
  4. Surat keterangan kerja ( staff ) / surat keterangan Usaha ( wiraswasta )
  5. Asuransi Perjalanan
  6. Reservasi tiket
  7. Reservasi hotel
  8. Itinerary
  9. Surat keterengan orang tua ( jika tidak bekerja / pelajar ) Usia di bawah 18 Tahun
  10. Kartu pelajar / surat keterangan sekolah ( buat yang masih pelajar )
  11. Pasfoto berwarna 35 mm x 45 mm 2 lembar, latar belakang putih

Baca juga : Lampirkan Copy CNI untuk Legalisir di Kedutaan Bangladesh

Jika sudah mempersiapkan dokumen yang akan di ajukan, selanjutnya adalah membuat appointment di website VFS global Portugal Jakarta.

Disarankan untuk mengajukan visa dua bulan sebelumnya. Ini untuk mengantisipasi proses permohonan yang lebih dari 15 hari kerja.

Yang padat biasanya menjelang liburan musim panas dan menjelang akhir tahun. Kedutaan juga pastinya kewalahan sehingga yang sudah rencana matang belum tentu juga visa keluar tepat waktu.

Pastikan untuk kelengkapan dokumen sehingga tidak ada yang kurang dan sesuai dengan persyaratan. Kewenangan ada di pihak kedutaan, selama dokumen lengkap harusnya bisa di setujui.

Tabungan harus lebih dari cukup dari durasi perjalanan. Punya pekerjaan di tanah air atau di sponsorin oleh orang lain juga mesti jelas, di tunjukan dengan rekening sponsor. Yang menjamin akan kembali ke tanah air setelah liburan juga juga perlu di sebutkan. Perlu di sebutkan durasi perjalanan.

Tinggal di mana juga harus jelas selama di sana dan berapa lama.

Tips lainnya adalah, Jika pergi satu keluarga, anak-anak di bawah 18 tahun yang masih pelajar bisa di sponsorin oleh orang tuanya dengan melampirkan rekening tabungan orang tua dan surat sponsor. Untuk anak-anak usian di bawah 6 tahun tidak perlu biometrik dan masih gratis hanya membayar biaya administrasi saja

Lampirkan Copy CNI untuk Legalisir di Kedutaan Bangladesh

Buat yang hendak legalisir buku nikah untuk pergi ke Bangladesh. Lampirkan Copy CNI untuk Legalisir di Kedutaan Bangladesh

Lampirkan Copy CNI untuk Legalisir

Alasan legalisir buku Nikah di kedutaan Bangladesh biasanya karena menikah dengan WNA Bangladesh di Indonesia. Jika mau di daftarkan di Bangladesh maka buku nikah Indonesia perlu di legalisir dari mulai Kementerian Agama, Kemenkumham dan Kemenlu. Setelah itu baru di kedutan Bangladesh.

Alasan kedua, bisa karena ikut suami bekerja di Bangladesh. Suami WNI atau untuk keperluan pindah ke Bangladesh.

Setiap dokumen Indonesia yang akan di gunakan di luar negeri maka harus di legalisir. Syarat Untuk legalisir buku Nikah di kedutaan Bangladesh :

  1. Dua buku Nikah asli yang sudah di legalisir terlebih dahulu di Kemenag, Kemenkumham dan Kemenlu.
  2. Surat permohonan tujuan legalisir yang di buat di atas meterai
  3. Surat kuasa bermeterai jika di kuasakan
  4. Copy CNI

Copy CNI diperlukan untuk legalisir di Kementerian Agama RI dan di Kedutaan Bangladesh. Sehingga kita harus siapkan 2 lembar copy CNI.

Definisi CNI

CNI atau Certificate of No Impediment adalah surat untuk menikah di luar negeri. Surat tersebut di keluarkan oleh kedutaan asing di negara setempat atau negara di mana akan menikah. Contoh : Jika kamu punya pasangan WNA dan hendak menikah di Indonesia maka syarat bagi WNA untuk mendapatkan CNI di kedutaan asing, adalah membawa surat single dari negara WNA.

Bawa surat unmarried certificate yang dibuat dan di legalisir oleh Consular dan Kementerian luar negeri di negara Bangladesh, deputy Commisioner daerahnya dan notaris publik.

Kenapa harus bawa kembali copy CNI pada saat mengajukan legalisir di kedutaan Bangladesh Jakarta ? Ini dikarenakan menghindari pemalsuan CNI yang di buat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga Kedutaan menerapkan kebijakan seperti hal tersebut di atas.

CNI asli ada kop dari kedutaan dan alamat kedutaan, ada tanda tangan staf kedutaan dan cap atau stempel dari kedutaan. Nama dan data yang tertera di surat juga semua benar berdasarkan surat single yang di bawa oleh WNA saat pendaftaran buat CNI.

Baca juga : Menunggu Visa New Zealand Hingga 4 Bulan, Akhirnya Disetujui

Prosesnya bisa bervariasi ya karena pihak kedutaan akan cross check surat unmarried certificate yang di kirim WNA ke kedutaan. Untuk menguji validasi surat tersebut asli. Ada beberapa kasus pemalsuan dokumen belakang ini sehingga kedutaan mengambil langkah tersebut.

Menunggu Visa New Zealand Hingga 4 Bulan, Akhirnya Disetujui

Pengalaman membuat visa New Zealand Belum lama ini. Menunggu Visa New Zealand Hingga Empat Bulan, Akhirnya Disetujui.

Menunggu Visa New Zealand

Untuk yang punya niat buat e-visa New Zealand secara online. Kamu mungkin bisa membaca pengalaman saya mengajukan visa New Zealand. Mengajukan permohonan sejak awal bulan Agustus 2022 dan baru dapat kabar Awal November 2022. Untungnya kabar baik, Visanya di setujui.

Ada dua cara mengajukan visa New Zealand, Pertama secara online dan kedua secara offline. Dahulu dikatakan bahwa pengajuan secara online lebih cepat dan simpel di bandingkan secara online.

Secara offline artinya, kita mengajukan permohonan dengan menyerahkan form visa dan dokumen pendukung ke VFS Global.

Untuk pengajuan online, tinggal buat akun di RealMe. Mengisi secara online dan mengupload semua dokumen pendukung secara online. Caranya bisa cek disini

Setelah melakukan uplod dan bayar biaya visa. Kita harus menunggu email konfirmasi di kirim ke inbox. Email yang di kirim meminta kita log in ke akun RealMe karena kita mendapatkan surat. Jadi korespondensi bisa di lihat di akun RealMe.

Kita akan dapat dua email, mengenai konfirmasi resi pembayaran dan minta supaya kita datang ke VFS global terdekat untuk scan paspor.

Saya pun bertanya-tanya kenapa proses visa New Zealand begitu lama setelah pandemi ? Namun saya pun tidak bisa memberikan jawaban yang pasti. Jadi kalau ada rencana mau ke New Zealand, pastikan sudah mengajukan visa dari jauh-jauh hari. Ini untuk menghindari kejadian menunggu proses hingga 4 bulan. Dalam proses menunggu, tidak ada yang di minta untuk menambahkan dokumen.

Saya pun sempat menanyakan via email ke customer namun dari jawaban otomatis menyatakan bahwa saat ini volume yang mengirimkan email tinggi setelah pandemi sehingga balasan email menunggu antrian.

Baca juga : Mengajukan Visa Sosial untuk Mertua dari Warga Negara Malaysia

Syarat visa turis ke New Zealand :

  1. Paspor
  2. Pasfoto
  3. Rekening tabungan 3 bulan terakhir
  4. Surat Keterangan Kerja / Surat Usaha
  5. Reservasi hotel
  6. Reservasi tiket
  7. Itinerary
  8. Asuransi Perjalanan

Mengajukan Visa Sosial untuk Mertua dari Warga Negara Malaysia

Visa sosial Malaysia bagi yang punya menantu orang Malaysia. Mengajukan Visa Sosial untuk Mertua dari Warga Negara Malaysia.

Mengajukan Visa Sosial untuk Mertua

Warga negara Indonesia yang mau ke Malaysia sebetulnya bebas visa 30 hari. Namun jika keperluannya menjenguk keluarga inti, berobat, bekerja, visa bisnis. Untuk visa sosial memungkinkan kita bisa perpanjang masa tinggal. Biasanya visa sosial berlaku 3 bulan dengan periode tinggal 30 hari per kunjungan.

Yang termasuk dalam keluarga inti yaitu ayah kandung, ibu kandung, adik kandung, kakak kandung. Jika anggota keluarga inti menikah dengan WNA malaysia, maka yang jadi sponsor adalah WNA Malaysia. Bagaimana dengan paman / bibi, saudara jauh lainnya ? jawabannya disarankan memilih kunjungan bebas visa 30 hari.

Jika berobat, setidaknya menunjukan surat berobat atau diagnosa dokter, berlaku juga buat yang harus menunggu yang sakit.

Apa saja syarat visa sosial untuk mertua wna Malaysia ( WNI menikah dengan WNA Malaysia ) :

  1. Paspor asli
  2. Copy paspor
  3. Surat permohonan
  4. Copy IC wna Malaysia
  5. Copy KTP
  6. Copy KK
  7. Copy buku nikah anak

Baca juga : Pengalaman Membayar Visa USA, Kurang Karena selisih Kurs

Alamat Kedutaan Malaysia :

Kav.X/6, Jl. H. R. Rasuna Said No.1-3, RT.7/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

Ada perwakilan di daerah lain :

Medan

Jl. Pangeran Diponegoro No.43, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

Pekanbaru

Jl. Jendral Sudirman Bundaran Simpang Tiga, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau 28288

Bali

The Stones Entertainment Center, Alam Kulkul Boutique Resort, JL. Pantai Kuta, Legian, Bali, 80030, Legian, Kuta, Badung Regency, Bali

Buat yang mau mengajukan visa dan legalisasi, disarankan di kotanya yang ada konsulat Malaysia dan tidak perlu harus di Jakarta. Namun Kalau legalisasi saja yang di legalisir kementrian, harus tetap di Jakarta.

Pengajuan visa sosial juga sama, tidak harus pengajuan di Jakarta. Proses pengajuan visa sosial yaitu 3 hari kerja. Jika diwakilkan maka harus membawa surat kuasa.

Pengajuan temu janji disini

Pengalaman Membayar Visa USA, Kurang Karena selisih Kurs

Saat baru-baru ini mengajukan visa USA dan melakukan pembayaran ke bank. Pengalaman Membayar Visa USA, Kurang Karena selisih Kurs.

Pengalaman Membayar Visa USA

Bagaimana mendapatkan resi pembayaran ?

Pertama setelah mengisi formulir DS160, kita akan mengetahui Nomor konfirmasi.

Kedua, buat akun di sini. Kamu akan isi data diri dan nomor konfirmasi yang sudah ada sebelumnya saat kamu mengisi DS 160.

Setelah resi pembayaran muncul maka kita harus segera melakukan pembayaran visa USA jika ingin membuat temu janji. Slot tanggal wawancara tidak terlalu jauh seperti saat masa pandemi.

Biasanya setelah setor ke bank CIMB Niaga, maka besok harinya setelah jam 12 siang, baru kita bisa log in ke website untuk melakukan jadwal temu janji sesuai tanggal yang tersedia.

Namun yang terjadi, bahwa ketika mau mengajukan temu janji, ada pemberitahuan bahwa kurang bayar sebesar IDR 80,000. Diminta untuk menambahkan pembayaran ke nomor virtual akun yang sama.

Baca juga : Kedutaan Kuba sudah Pindah Ke Pondok Indah Jakarta Selatan

Setelah melakukan pembayaran kedua sebesar IDR 80,000. Saya harus menunggu hingga esok harinya. Setelah jam 12 siang lewat, saya log in ke system untuk mengajukan janji temu dan akhirnya sudah bisa kembali seperti biasa.

Selanjutnya adalah menunggu jadwal wawancara tiba. Apa yang di bawa saat wawancara ?

Lembar konfirmasi, Jadwal wawancara yang sudah di pilih, paspor asli dan dokumen lain yang sekiranya diperlukan.

Kapan mengetahui hasilnya ? Untuk visa USA akan di beritahu tepat setelah selesai wawancara. Pewawancara langsung kasih tau apakah kita lulus dan mendapatkan kertas putih atau mendapatkan kertas pink.

Yang dapat kertas putih, langsung memberikan paspor ke pihak kedutaan dan bisa di ambil atau di kirim sesuai alamat. Biasanya kalau mau di ambil paspornya, di RPX Pal Batu. Tidak ada biaya tambahan pengiriman.

Yang dapat kertas pink berarti tidak lulus, bisa coba lagi. Tidak ada batas kapan harus mengajukan lagi, tapi baiknya sebulan sudah bisa mengajukan lagi

Kedutaan Kuba sudah Pindah Ke Pondok Indah Jakarta Selatan

Yang lagi mau mengurus visa untuk pergi ke Kuba, harus tahu nih info terbaru. Kedutaan Kuba sudah Pindah Ke Pondok Indah Jakarta Selatan.

Kedutaan Kuba sudah Pindah

WNI yang mau pergi ke Kuba mungkin tidak banyak namun Kuba punya kantor kedutaan besar di Jakarta. Informasi di google ternyata alamat kedutaan Kuba sudah tidak valid lagi.

Di google di infokan bahwa alamat kedutaan Kuba berada di  Blok D Jalan Logam No.58 10 8, RT.10/RW.8, Grogol Utara, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan. Ternyata sudah lama pindah.

Alamat baru kedutaan Kuba,

Pondok Indah Office Tower 1 Lantai 5

Jl. Sultan Iskandar Muda V TA
Jakarta
Indonesia 12310

Baca juga : Mengurus X Visa India di Kedutaan, Untuk Penyatuan Keluarga

Untuk nomor telepon kedutaan kamu bisa lihat di gambar, ada nomor HP dan alamat email. Alamat emailnya : cubaindo2@cbn.net.id

Mengurus visa Kuba, kamu harus tahu dahulu persyaratannya. Syarat visa ke Kuba :

  1. Paspor
  2. Mengisi form
  3. Tiket PP
  4. Reservasi hotel
  5. Pasfoto

Tidak perlu biometrik, penyerahan dokumen bisa di wakilkan namun biaya menjadi dua kali lipat jika di wakilkan. Proses visa 7 hari kerja. Kedutaan Kuba yang beralamat di Pondok Indah, belum punya saluran telepon. Jadi kalau kalian mau datang untuk satu urusan ke kedutaan Kuba. Bisa tanya ke security gedung yang duduk dekat pintu masuk, untuk menanyakan apakah stafnya sedang ada di tempat atau tidak. Stafnya sangat terbatas.

Jika hendak membuat visa, setidaknya 15 hari sebelum berangkat harus sudah di urus. Tidak banyak yang pergi ke Kuba sehingga tidak banyak antrian permohonan visa maupun temu janji yang harus menunggu lama.

Tagihan visa akan di berikan pada saaat sudah menyerahkan dokumen atau bisa di email dulu dokumen permohonan visa sebelum datang ke kedutaan. Sehingga jika sudah ok, tinggal bayar dan serahkan dokumen dengan slip pembayaran.

Tidak ada penerbangan langsung ke Havana Kuba, biasanya sebagian orang pergi ke Kuba melalui New York, USA atau negara terdekat.

Mengurus X Visa India di Kedutaan, Untuk Penyatuan Keluarga

Bagi yang sudah menikah dengan WNA India dan ingin mengurus visa India. Mengurus X Visa India di Kedutaan, Untuk Penyatuan Keluarga.

Mengurus X Visa India

Mungkin ada yang belum tahu tentang kategori X Visa atau Visa X -1 di Kedutaan India. X Visa adalah visa keluarga ( Family visa ). Jika sudah menikah dengan WNA India, saat hendak berkunjung atau ikut pasangan ke India, kita bisa mengajukan X – 1 Visa.

Syarat X visa salah satunya adalah melampirkan copy buku nikah yang sudah di legalisir atau saat ini di apostile di Kemenkumham. Peraturan baru tentang apostile ini, meringankan bagi kita karena tidak perlu legalisir lagi di Kemenlu dan Kedutaan. Hanya legalisir di Kemenag ( bagi yang muslim ) dan Kemenkumham.

Buat yang akan membawa anaknya, dokumen tambahan adalah copy akta lahir anak dan mengisi form specimen declaration by applicant’s parent(s) or guardian for issue of Visa / OCI to Minor.

Form tersebut harus ditandatangani oleh kedua orang tuanya. Tidak bisa di wakilkan.

Baca juga : Proses Mengurus Visa Mesir Sekarang Lebih Lama dari Biasanya

Untuk mengajukan visa India, Kita harus mengisi form secara online dan kemudian membuat janji temu di kedutaan. Bawalah semua dokumen yang di syaratkan ke kedutaan India.

Setelah menyerahkan dokumen, kita akan di informasikan melalui email jika visa sudah selesai. Prosesnya 14 hari kerja, tiap permohonan bisa saja berbeda selesainya. Paspor bisa di pinjam saat sedang dalam proses jika kita harus mendadak perlu untuk ke luar negeri sebentar.

Pembayaran visa dilakukan setelah penyerahan dokumen. Pembayaran dengan tunai, tidak bisa dengan kartu kredit atau debet. Jadi siapkan uang tunai saat sudah di Kedutaan India.

Dikarenakan proses visa yang berbeda lama prosesnya, baiknya tiket asli tidak dibeli dulu. Jika mundur maka akan lebih rugi untuk refund tiket atau tidak bisa di reschedule sama sekali.

Kalau tetap mau beli tiket, pastikan untuk waktu pergi yang masih agak lama atau cukup waktu untuk proses visa hingga selesai.

Proses Mengurus Visa Mesir Sekarang Lebih Lama dari Biasanya

Buat yang hendak mengurus visa Mesir, harap di perhatikan pengalaman saya. Proses Mengurus Visa Mesir Sekarang Lebih Lama dari Biasanya.

Proses Mengurus Visa Mesir

Update pengalaman mengurus visa Mesir saat ini. Untuk beberapa bulan belakangan ini, jika mau mengajukan visa Mesir, disarankan mulai proses mengajukan visa adalah dua bulan sebelum keberangkatan. Ini karena proses menunggu yang lebih lama dari biasanya. Mungkin sekitar mulai dari tahun lalu.

Proses bisa makan waktu satu bulan dan bisa lebih hingga dua bulan. Bahkan saya dengar ada yang tiga bulan. Penyebabnya saya tidak tahu pasti. Jadi saran saya, jika ingin mengajukan visa, sebaiknya dua bulan sebelum tanggal keberangkatan dan tidak membeli tiket asli hingga visa keluar terlebih dahulu. Cukup reservasi tiket penerbangan. Ini saran untuk yang mau ke Mesir sebagai turis. Namun jika tanggal keberangkatan masih lama dan ingin langsung membeli tiket, silahkan saja. Asal sudah diperkirakan masih cukup waktu untuk pengurusan visa

Baca juga : Legalisasi Copy Buku Nikah untuk Pengajuan Visa, Bisa tidak ?

Untuk visa Bisnis, undangan keluarga dan visa pelajar, ini setidaknya minimal 1 bulan sebelum tapi idealnya sih 6 minggu sebelum keberangkatan. Jika ternyata ada yang lebih cepat, sangat jarang.

Untuk paspor diplomatik mungkin saja lebih cepat, bisa saja di prioritaskan terlebih jika membawa rombongan kenegaraan.

Jadi yang mau di sharing disni adalah secara umum untuk pengajuan visa turis dan bisnis Mesir perlu kesabaran. Ini karena proses visa butuh waktu yang tidak sebentar.

Permohonan visa ke Mesir juga lebih ramai dari biasanya menurut saya. Jam buka untuk permohonan visa hanya dua kali seminggu, yaitu hari Senin dan Kamis, Mulai dari Jam 9.30 – 12.00.

Permohonan bisa di wakilkan, dengan surat kuasa. Bagi yang punya kebutuhan untuk meminjam paspor pada saat proses visa berlangsung, bisa saja namun akan menjadi lebih lama selesainya.

Setelah paspor selesai digunakan harus di kembalikan lagi ke Kedutaan Mesir untuk melanjutkan prosesnya.

Legalisasi Copy Buku Nikah untuk Pengajuan Visa, Bisa tidak ?

Pengajuan visa ikut pasangan ke luar negeri perlu legalisasi dokumen nikah. Legalisasi Copy Buku Nikah untuk Pengajuan Visa , Bisa tidak ?

Legalisasi Copy Buku Nikah

Legalisir dokumen, contohnya buku nikah, menjadi salah satu syarat yang di minta oleh kedutaan saat kita akan mengajukan visa ke luar negeri.

Legalisir buku nikah dimana ?

Ada beberapa negara tujuan visa, yang masih menggunakan Legalisir dengan sticker. Jadi alur legalisasi di mulai dari KUA tempat mengeluarkan buku nikah, Kementerian Agama RI, Kemenkumham, Kemenlu dan Kedutaan negara tujuan.

Sedangkan untuk negara yang sudah menerima legalisasi apostile. Urutan legalisasi buku nikah mulai dari KUA, Kemeterian Agama RI dan Kemenkumham saja.

Yang di legalisasi buku nikah asli atau foto copynya ?

Ada yang melegalisasi buku asli, berarti dua buku nikah suami dan istri dan ada yang di minta legalisasi copy buku nikah saja.

Jika yang di legalisasi dua buku nikah asli, kita bisa fotocopy lembaran yang sudah di legalisasi dan di cap oleh notaris. Namun jika yang mau di legalisasi copy saja, pada saat legalisasi di KUA, buatlah tiga rangkap copy buku nikah. Ini juga menjadi syarat di kemenag untuk melampirkan tiga rangkap copy buku nikah. Kemenag akan mencap copy buku nikah yang di lampirkan.

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan salah satu copy buku nikah yang sudah di legalisir oleh Kemenag di Kemenkumham. Jika copy buku nikah yang di perlukan di Kedutaan.

Baca juga : Mengurus Refund di VFS Tasheel Jakarta, Bagaimana Caranya ?

Apakah pengambilan apostile bisa diwakilkan ? Jawabannya bisa. Namun harus menggunakan surat kuasa bermeterai. Yang perlu di bawa saat pengambilan adalah kuitansi atau bukti bayar, dokumen yang akan dilegalisasi dan surat kuasa bermeterai ( jika di wakilkan ).

Proses satu hari jadi. Dari pembayaran ke pengambilan, bisa di hari yang sama. Baiknya di bayarkan di Bank BNI jadi bisa langsung online. Jika menggunakan tokopedia untuk bayar, suka belum terlihat pembayaran yang masuk di hari yang sama mesti di cek dulu sama petugas kemenkumham.

Mengurus Refund di VFS Tasheel Jakarta, Bagaimana Caranya ?

Bagi yang batal mengurus visa namun sudah biometrik. Mengurus Refund di VFS Tasheel Jakarta, Bagaimana Caranya ?

Mengurus Refund di VFS

Kalau mau menarik aplikasi visa atau visa tidak bisa di proses, kamu bisa mengajukan refund. Pengembalian tentu saja tidak semua. Asuransi yang sudah di bayarkan tidak bisa di kembalikan atau refund. Hanya biaya visa saja.

Kamu harus datang ke loket di VFS Tasheel bagian pengambilan paspor dan petugas akan memberikan form yang harus di isi.

Baca juga : Layanan Apostile dan Legalisir AHU Pindah ke Cikini Sekarang

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa datang ke VFS Tasheel yang di Kuningan atau di Halim Jakarta Timur. Tanyakan jika memang mau urus refund, prosedurnya seperti apa.. Saya hanya sampai bagian mengenai informasi refund namun prosesnya di ajukan oleh klien saya sendiri. Saya tidak mengikutinya kembali.

Disebutkan dalam formulir bahwa prose refund sekitar 14 hari kerja. dikasih kesempatan untuk mengurus refund 60 hari sejak pembayaran visa.

Di VFS Tasheel ada beberapa kategori visa. Pastikan pengajuan sebelumnya sudah sesuai ketentuan. Jika dokumen ada yang kurang pasti di beritahukan kembali. Jika tidak bisa memenuhinya maka permohonan visa bisa saja di tolak.

Pada dasarnya dokumen yang di lampirkan harus sesuai syarat dokumen yang di minta. Jangan dokumen yang kurang tidak di penuhi. Itu akan menperlambat selesai visanya.

Kategori Visa Saudi antara lain : turis, keluarga, bisnis, umrah, personal visit. Pembuatan temu janji, bisa di lakukan di website VFS Tasheel.

Harga visa yang tertera di website belum termasuk asuransi, oleh karena itu kita harus menanyakan rincian biaya saat memasukan dokumen. Jadwal janji temu untuk melakukan biometrik ( foto dan sidik jari ). Prosesnya tidak lama dan biaya harus bayar di tempat saat biometrik.

Proses visa yang normal adalh 3 hari kerja namun bisa menjadi lama jika ada dokumen yang kurang. Oleh karena itu penting mengecek permintaan dokumen dan apakah harus di legalisasi.